Sufisme terdahulu mencoba mengungkapkan bahwa menempatkan penghayatan keagamaan yang paling benar adalah pada pendekatan batiniyah. Dampak dari pendekatan ini adalah timbulnya kepincangan dalam aktualisasi nilai-nilai Islam, karena lebih mementingkan dan mengutamakan batiniyah dan kurang memperhatikan aspek formal atau lahiriyah. Maka wajar apabila kaum sufi kurang tertarik dengan masalah-masalah sosial kemasyarakatan.[2]Islam merupakan agama yang kaffah, memberikan kebebasan dalam penghayatan keagamaan, baik itu yanglahiri ataupun yang batini. Akan tetapi, kecenderungan terhadap yang lahiri ini lebih banyak.Dalam perjalanan sejarahnya, antara dua kubu penghayatan ini sempat menimbulkan konflik ketegangan antara ahli tasawuf dan ahli fiqih, ahli haqiqat dan ahli syari’at. Ini terjadi terutama pada abad ke-3 Hijriyah.[3]
Terminology Neo-sufisme pertama kali dimunculkan oleh pemikir muslim kontemporer, yakni Fazlur Rahman. Menurut Fazlur Rahman perintis apa yang ia sebut dengan neo-sufisme ialah Ibn Taimiyah (wafat tahun 728 H) yang kemudian dilanjutkan oleh muridnya Ibn Qoyyim.[4]Kemunculan kembali sufisme di abad ke-7 H/13 M menjadi tonggak awal sejarah perkembangan tradisi Islam dikemudian hari.[5] Semakin berkembangnya tasawuf terutama pada abad ke-3 H, maka pengaruh eksternal semakin dirasakan. Di antaranya karena dipengaruhi oleh berbagai macam corak budaya, akibatnya muncul dua corak pemikiran tasawuf. Di antara dua corak tersebut ialah corak tasawuf yang materi dasarnya berdasar pada Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan ide gagasan dasar pembentukan moralitas yang di back up ulama moderat, dan corak yang satunya ialah tasawuf yang bersumber pada filsafat dengan kecenderungan tentang materi-materi yang berhubungan antara manusia dengan Tuhan yang di usung oleh pemikir yang terkadang mengemukakan pengalaman atau ucapan-ucapannya yang ganjil atau sulit dipahami seperti istilah wahdat al wujud, hulul dan lain sebagainya.[6]Demikian era post modernisme yang ditandai dengan munculnya krisis demi krisis yang semakin parah dalam aspek kehidupan, moralitas semakin terpuruk dan kriminalisasi semakin merajalela. Dua ciri peradaban modern yang paling fundamental ialah rasionalitas dan mentalitas, yang disebabkan oleh adanya dua unsur masyarakat modern ini, maka terbentuklah mental manusia modern menjadi rasional serta materialistik, karena materialistik maka manusia modern kemudian cenderung individualistik.[7]Pada era pos modernisasi yang penuh dengan kebengisan, kedzalimaan dan keserakahan yang mengutamakan gaya hidup materialistik dan hedonistik banyak yang mengkambing hitamkan sufisme sebagai penyebab keterbelakangan. Hal ini yang melatar belakangi munculnya kebangkitan sufisme di era kontemporer di dunia Islam yang disebut neo-sufisme. Salah satu tujuan neo-sufisme adalah penekanan yang lebih intens pada penguatan iman sesuai dengan prinsip aqidah Islam, dan penilaian terhadap kehidupan duniawi sama pentingnya dengan ukhrawi. Dengan demikian seorang ulama bisa merangkum sebagai ahli syari’ah (fuqaha’) dan sekaligus ahli haqiqah (sufi), karena ciri neo-sufisme diantaranya adalah merekonsiliasi dan akomodasi antara syariah dan sufisme terdahulu.[8]B.Ciri-ciri Neo-sufismeMaksud dari neo-sufisme adalah tipe ajaran tasawuf yang terintegrasi dengan syari’ah. Seorang sufi menurut Ibnu Taimiyah adalah seorang yang keras menegakkan kebenaran. Tengah malam bangun bertahajud, siang hari berusaha. Jika negara dalam keadaan bahaya oleh serangan musuh, bersedia meninggalkan segala yang merintangi masuk ke dalam tentara. Dapat dipahami bahwa neo-sufisme lahir guna meluruskan sufisme terdahulu yang terlalu diwarnai unsur-unsur falsafi dan kaum sufinya tenggelam dalam kegiatan-kegiatan ritual yang seakan melepaskan dirinya dari syariat dan panggilan hidup duniawi. Di sisi lain, neo-sufisme juga ingin memberi warna tasawuf dalam kehidupan yang serba glamour dan materialistis. Ciri-ciri neo-sufisme ini pada dasarnya masih terkait dengan sufisme klasik yang muncul terdahulu. Hal ini dapat dilihat dalam rincian berikut:[9]1.Kelahiran sufisme klasik dan kebangkitan neo-sufisme dimotivasi oleh faktor-faktor yang sama, yaitu gaya hidup glamour, materialistisk, konsumeristik sebagai imbas kegarangan rasionalisme dan kekerasan perebutan hegemoni kekuasaan.oleh faktor-faktor yang sama, yaitu gaya hidup glamour, materialistisk,konsumeristik sebagai imbas kegarangan rasionalisme dan kekerasan perebutan hegemoni kekuasaan.2.Kesucian jiwa rohaniah, bahwa keduanya menekankan urgensi kebeningan dan kesucian hati dalam segala aspek kehidupan.kebeningan dan kesucian hati dalam segala aspek kehidupan.3.Pendekatan esoteri, yaitu sama-sama berkeyakinan bahwa pemahaman keagamaan harus dihayati melalui pendekatan esoteris, pengalaman metafisis dan al-kasyf.keagamaan harus dihayati melalui pendekatan esoteris, pengalamanmetafisis dan al-kasyf.4.Dhikrullah dan muraqabah sama-sama penting untuk mencapai keridhaan Ilahi.keridhaan Ilahi.5.Sikap uzlah, menurut neo-sufisme diperlukan sewaktu diperlukan saja sekedar menyegarkan wawasan melalui muhasabah. Dalam sufisme klasik dilakukan uzlah total.sekedar menyegarkan wawasan melalui muhasabah. Dalam sufismeklasik dilakukan uzlah total.6.Zuhd, menurut neo-sufisme kehidupan dunia tetap harus diperjuangkan, tapi disesuaikan dengan kepentingan ukhrawi. Dalam sufisme klasik dunia harus dibenci karena menghalangi pencapaian tujuan hidup yang sempurna.diperjuangkan, tapi disesuaikan dengan kepentingan ukhrawi. Dalamsufisme klasik dunia harus dibenci karena menghalangi pencapaiantujuan hidup yang sempurna.Jadi neo-sufisme berusaha membatasi hal-hal yang sifatnya uzlah dan zuhd, supaya kehidupan dunia tetap diperjuangkan, namun harus sejalan dengan kepentingan akhirat dan tuntutan syari'at. Karena Abu ‘Abbas bin Ahmad menjelaskan bahwa barang siapa yang membiasakan dalam dirinya berperilaku yang sesuai dengan syari’at, maka Allah akan menerangi hatinya dengan cahaya ma’rifah, dan tidak ada kedudukan yang lebih utama (mulia) disbandingkan dengan mengikuti (Nabi Muhammad) SAW di dalam perintah-perintahnya, perbuatan-perbuatan dan akhlak-akhlaknya.[10]dan zuhd, supaya kehidupan dunia tetap diperjuangkan, namun harussejalan dengan kepentingan akhirat dan tuntutan syari'at. Karena Abu ‘Abbas bin Ahmad menjelaskan bahwa barang siapa yang membiasakan dalam dirinya berperilaku yang sesuai dengan syari’at, maka Allah akan menerangi hatinya dengan cahaya ma’rifah, dan tidak ada kedudukan yang lebih utama (mulia) disbandingkan dengan mengikuti (Nabi Muhammad) SAW di dalam perintah-perintahnya, perbuatan-perbuatan dan akhlak-akhlaknya.[10]Dari pemaparan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa sufisme juga tidak boleh lepas dengan syari’at, karena suatu perbuatan yang tanpa mengikuti sunnah Rosulullah itu ialah batil. Tapi tidak boleh pula kita menuduh semua ahli tasawuf dahulu sebagai orang yang sesat, karena imam-imam tasawuf seperti Junaid, Hasan al-Bashri, Bisrul Hafi, dan Sahal at-Tastari yang kata-katanya dijadikan hujjah oleh ulama kekinian. Maka penerapan neo-sufisme yang berusaha memadukan antara ajaran tasawuf dahulu dengan syari’at, sosial kemasyarakatan akan lebih bisa diterima dan diterapkan di zaman kontemporer ini. karena peribadatan kepada ilahi bukan saja diterapkan dengan batiniyah saja tapi juga perlu adanya sosial kemasyarakatan. Seperti yang dikatakan ahli tasawuf Sa’di “pelayanan kepada sesama adalah seluruh peribadatan. Peribadatan kepada Tuhan tidak dilakukan (hanya) dengan manik-manik tasbih, jubah kesalehan, atau sajadah”.[11]
Judul : Change your mindset, life and nation Kode : M-CYM Kategori : Motivasi Penulis : M. Iqbal Halaman : 127 halaman Harga : Rp. 36.000,- Bagaimana kekuatan pikiran bisa merubah diri kita, orang lain, lingkungan dan sebuah negara, hanya karena sebuah ide saja bisa merubah suatu tatanan negara. Itulah luar biasanya akal yang diptakan Tuhan dan yang membedakannya dengan mahluk lainnya, manusia diberi akal, fitrah, hati sebagai modal utama untuk bertemu pada kecerdasan tertinggi dan bertemu dengan Tuhan. Subhanallah.. Bagaimana. akal dan pikiran bisa membuat sistem bisnis, sistem pemerintahan, sistem pendidikan, dan sistem-sistem lainnya. Maka tidak berlebihan jika akal pikiran, ide, cara pandang, sistem, konsep bisa merubah diri kita, bisa bahagia, bisa sengsara, bisa kaya, bisa miskin, bisa sehat, dan juga bisa sakit.Tentunya bukan hanya pikiran saja tapi juga harus dilakukan dengan pergerakan yang nyata, bagaimana kekuatan sugesti mempengaruhi hidup kita dan perasaan kita, bagaimana hypnoterapis mempengaruhi perilaku orang lain, bagaimana falsafah dan cara pandang hidup orang lain mempengaruhi cara dia hidup dan berinteraksi dengan orang lain.
Halo semua...maaf yah ganggu sebelumnya..cuma mau infoin aja nih barangkali ada yg minat pengen beli laptop tapi dana nya belum ke kumpul semua,disini kalian bisa ko nyicil..persyaratannya mudah aja cuma bawa ktp asli sma 1 dok lain kaya sim juga bisa diproses(*atau yg gak ada sim,slip gaji bulan kemarin terus NPWP,jamsostek atau kartu keluarga juga bisa ko) praktis sesuai kebutuhan kalian juga..cpet cuma 45menit kalau proses persetujuannya dan peluang kalian bisa hari itu juga buat bawa langsung laptop yang klian pengen2..dp minimal nya cuma 30% aja,gampang kan..for more info : 085794994960 ato ping me ok..di antos nya akang,eteh,ibu,bapa..nuhun sateuaanna,punten bilih kaganggu waktosna(*happy nice day \=D/)
TRAVEL UMROH RAKA
Assalamu'alaikum wrwb Kami lampirkan brosur Umrah 2014, semoga berkenan Umrah bersama kami. info lebih lanjut bisa menghubungi kontak di bawah ini Terimakasih Salam ALeman 081222556007 Operational Office : Jl. Belitung No. 4 Bandung 40113 Jawa Barat – Indonesia, Phone : +62 – 22 – 4211110, Fax. : +62 – 22 – 4213110, Email : umrah1raka@yahoo.com : rakatravel@yahoo.com Website : www.rakatour.com link download : https://drive.google.com/?authuser=0&usp=gmail#my-drive
Sample Text
FAUZITAMA COMPUTER
JL RAYA SELAAWI KAB GARUT JAWA BARAT - LIMBANGAN
Sample text
DEWATAMA COMPUTER
jual beli: notebook, service, up grade, maintenance, software, hardware, networking no hp 081320119201 kantor: jl Ahmad Yani no. 238 jaya plaza computer mall Lt.1 Blok G1 Telp(022)7218845 Kosambi- Bandung
PARSATAMA COMPUTER
jual beli: notebook second,service,tukar tambah,spare part,accessories, jl. Ahmad yani no. 238 jaya plaza Computer Mall Lt.1 Blok M5 telp (022-7277917/081321521901/08987969344 kosambi -Bandung
Judul : Untuk Apa Belajar Filsafat Islam? Kode : F-UABFI Kategori : Filsafat Penulis : Muhammad Iqbal M Halaman : 175 halaman Penerbit : Rasibook Harga : Rp. 40.000,- Saya harap buku saku ini dapat dibawa kemana-mana, walaupun buku ini kecil tapi semoga isi dari buku ini tidak kecil seperti kelihatannya. Karena masalah tauhid atau ketuhanan merupakan masalah yang paling mendasar, saya mengedapankan filsafat Islam dan tasawuf karena saya kira filsafat adalah cara yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan negara Indonesia, kita bisa berkaca pada negara Iran dan Amerika, yang lebih mengedepankan filsafatnya, dan saya melihat , hampir setiap negara yang mempelajari filsafat dengan baik, negaranya maju.
Judul : Dimensi Islam Kode : KP-DI Kategori : Kumpulan Puisi Penulis : Muhammad Iqbal M Halaman : 91 halaman Penerbit : Rasibook Harga : Rp. 33.000,- Buku ini berisi kumpulan puisi-puisi Islam, cinta dan kritik sosial yang ada di masyarakat. Terimakasih kepada pihak yang telah membantu sehingga jadinya buku ini. Segala puji bagi Allah, Zat yang tidak ada kekuatan sebesar apa pun mampu mengecilkan-Nya, Dialah Tuhan semesta Alam. Semoga shalawat dan salam senantiasa tercurah limpah pada Nabi besar Muhammad Saw. yang telah membimbing kita menuju jalan hakikat, jalan mahabbah
BUKU DIMENSI CINTA
Judul : Dimensi Cinta Kode : KP-DC Kategori : Kumpulan puisi Penulis : Nenks Resti Halaman : 64 halaman Penerbit : Rasibook Harga : Rp. 30.000,- Buku ini berisi tentang puisi-puisi ontologi, puisi-puisi cinta. Terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu jadinya buku saku puisi ini Segala puji bagi Allah, Zat yang tidak ada kekuatan sebesar apa pun mampu mengecilkan-Nya, Dialah Tuhan semesta Alam. Semoga shalawat dan salam senantiasa tercurah limpah pada Nabi besar Muhammad Saw. yang telah membimbing kita menuju jalan hakikat, jalan mahabbah
flag counter
DILARANG COPY-PASTE TANPA MENYERTAKAN SUMBER DAN BLOGNYA. Powered by Blogger.
0 komentar:
Post a Comment