Thursday 9 October 2014

Wisata Indonesia

Wisata Indonesia dan Impianku

Ketika aku mendengar lomba ini, pun aku bingung, aku ingin kemana? Sebenarnya tak ada yang benar-benar saya inginkan, karena menurut saya semua yang ada di Indonesia ini adalah indah bagaimana pun itu. Karena, di Indonesia lah saya lahir dan dibesarkan dan disini juga saya harus membangun Indonesia ,akan dimakamkan, istirahat dengan damai.
Namun, ada salah satu tempat yang saya ingin kunjungi keindahannya di Indonesia ini sebelum kita meninggal. Sebelum kita menjelajahi dunia seperti Paris, Teheran, Roma dsb , maka tak ada salahnya kita menjelajahi Indonesia . Dan saya belum menjelajahi seluruh Indonesia ini dan belum tahu akan semua keindahannya. Salah satu tempat yang ingin saya kunjungi adalah Bali dan Taman Wakatobi, namun kali ini saya ingin melihat keindahan Bali terlebih dahulu.


Apakah benar Bali itu sebegitu indah yang diceritakan orang-orang, saya kira disana hanya terdapat tempat kemaksiatan, bule yang tidak memakai baju, dan dosa-dosa lainnya. Saya hanya ingin membuktikan apakah ada keindahan dari Bali, yang katanya sangat saling menghargai antar agamanya, saling menghormati , sangat cinta akan budaya  dan tanah airnya. Pulau dewata dan pulau surga? Apakah tidak berlebihan jika gelar itu diberikan kepada pulau Bali. Mungkin hanya keindahan alamnya saja yang saya tahu, dan saya baca di artikel maupun koran-koran.
Dan kenapa kebanyakan teman-teman saya sangat bangga dengan pergi ke Bali, dan pamer selfie atau memamerkan bersama pacarnya bahwa mereka akan ke Bali, padahal menurut saya semua tempat sama saja, mungkin hanya karena perbedaan budaya, struktur tanah, masyarakat bisa membuat tempat itu menjadi pulau surga, dan pulau dewata.
Di Bali juga pernah juga di sebut sebagai pulau seribu pure, bersebrangan dengan pulau lombok yaitu pulau seribu mesjid. Dua pulau yang terpisah , namun masih hidup damai dan tanpa pernah terdengar peperangan antara keduanya, apakah falasafah hidup yang kedua pulau ini anut. Bukankah pulau Bali notabene adalah Hindu dan Lombok adalah pulau notabene adalah Islam, dan apakah disini punya sisi sejarah yang memisahkan antara kebudayaan Lombok yaitu sangat islami, dengan Bali yang sangat hindu.
Saya ingin meniliti kearifan lokal disetiap sudut Indonesia ini, karena saya jurusan filsafat. Saya ingin mengetahui apa saja kearifan lokal dan falsafah yang dipegang oleh setiap daerah disetiap tempatnya, patut untuk diselidiki dan ditelaaah.
Selain itu saya ingin menambah rasa cinta dan rasa syukur saya akan negara Indonesia ini . Tuhan telah memberikan begitu banyak ciptaannya yang indah, sesuatu yang harmonis di dunia ini, Mungkin setelah mengunjungi Bali dan daerah yang ada di Indonesia. Saya akan mengunjungi seluruh keindahan dunia, belajar falsafah hidup yang ada di dunia, membandingkannya dengan Indonesia dan membuat Indonesia menjadi maju, untuk sekarang saya masih belajar di Sekolah Iran, dan belajar tentang falsafah hidup orang Iran dan budaya orang Iran. Dan mencoba mengambil hal yang positif yang dapat kita tiru dari orang Iran ini, saya masih ingin terus belajar.
Saya selaku orang Islam juga merasa takut, sebenarnya apa yang menyebabkan terjadinya pengeboman di Bali, apakah Bali memang sebegitu rusak moralnya, apakah tidak ada lagi keindahan yang tersisa dari pulau Bali ini. Entahlah, saya tidak ingin menjadi seorang ektremis dan menjadi terorist. Saya hanya ingin hidup damai dan harmonis, berlaku rukun dengan sesama, mungkin salah satunya saya ingin belajar dari pulau Bali.
Terimakasih.

BIODATA

NAMA                  : MUHAMMAD IQBAL MANSULRUDIN
JURUSAN            : FILSAFAT ISLAM
PEKERJAAN        : MAHASISWA
NO. HP                 : 08971042655
TWITTER              : https://twitter.com/iqbalinmessi
FB                           : https://www.facebook.com/muhamadibalmansulrudin
ALAMAT              : JL SIAGA 1 NO 21 A RT 10 RW 05 PASAR MINGGU JAKARTA SELATAN



0 komentar:

Post a Comment

 
;