Thursday 9 October 2014

HARAPANKU UNTUK PLN

IdeKU Untuk PLN

Mendengar kata PLN, Perusahaan Listrik Negeri. Dalam benak seseorang pasti adalah tentang mati lampu dan mahalnya biaya listrik, padahal listrik di Indonesia sangat kaya dan sangat banyak. Pertanyaannya kenapa kita masih saja kekurangan pasokan listrik, dari Sabang sampai Merauke air banyak dan melimpah bahkan negara kita dikelilingi oleh air yang sangat banyak tapi kenapa masih saja kekurangan pasokan listrik, pemadaman bergilir atau ada daerah yang belum terkena pencerahan dari listrik dan PLN?


Mungkin sangkalan dari ini adalah karena setiap daerah tidak memiliki air terjun yang pass untuk dibuat pembangkit listrik, atau karena masalah geografis yang tidak memadai, tidak adanya sumber tenaga yang dapat dijadikan tenaga listrik.
Padahal kita tahu banyak sekali sumber tenaga untuk listrik, negara kita kaya, kita bisa menggunakan tenaga sebagai berikut :
1.     Panas bumi yang berada di Jawa Tengah yang terbaru ini, ini bisa dijadikan sumber tenaga listrik, panas bumi merupakan tenaga yang sangat banyak di Indonesia ini, dan murah.
2.     Sumber angin yang besar dan tenaganya tidak cukup kalah, kita bisa mendonasikan membuat mesin tenaga listrik, di daerah pantai-pantai yang mempunyai ombak yang sangat besar dan tenaga angin yang sangat besar, contohnya di : pangandaran, pameungpeuk atau pantai-pantai lain yang tersebar di Indonesia ini, walaupun tenaga anginnya tidak terlalu besar, tapi itu lumayan untuk memenuhi listrik setiap daerah yang terpencil.
3.     Ada lagi yang lebih murah meriah yaitu tenaga matahari, kenapa kita tidak membuat ribuan panel surya dan PLTS di setiap daerah di Indonesia yang memunyai kadar panas yang tinggi, contohnya daerah Jakarta yang kita tahu sangat panas, atau daerah bengkulu, kalimantan, atau daerah-daerah hutan yang setiap tahunnya kebakaran hutan karena musim kemarau yang begitu panas, kenapa PLN tidak menggunakan sumber surya ini sebagai bahan tenaga listrik
4.     Sumber sampah, kita tahu Jakarta adalah daerah yang padat penduduk dan juga jawa barat, kenapa kita tidak membuat PLTSampah di daerah-daerah pembuangan sampah di setiap daerah , dan daerah jembatan atau bendungan. Dengan begitu sampah yang menggunung seperti daerah Jakarta dan lain-lain bisa digunakan dan tidak dibuang secara percuma dan dapat digunakan dengan baik, selain kota bersih juga tenaga listrik banyak. Walaupun agak mahal, tapi saya yakin jika PLN serius dengan tenaga sampah ini, why not?
5.     Saya pernah membaca artikel tentang PLT Batu bara, saya juga  membaca bahwa PLTBB yang kita import dari China itu tidak berfungsi dan berguna, kita percuma saja membeli PLTBB tapi batu bara yang kita gunakan adalah tidak berguna dan hanya cocok dengan batu bara tertentu saja, dan batu bara yang cocok itu adalah harus di import. Ini adalah suatu pemborosan dan pembodohan, kita telah ditipu oleh China dengan mesin yang murah, namun harus bergantung kepada China untuk mengimport batu bara, seharusnya kita bisa swasembada dan banyak lulusan S1 Indonesia yang pintar dan bekerja di luar negeri untuk di panggil dan membangun negaranya sendiri, dan juga kita bisa rubah atau mengupgrade mesin batu bara itu bagaimna caranya agar bisa memproses batu bara yang ada di Indonesia yang begitu melimpah agar tidak sia-sia saja, mungkin dalam hal teknik dan prosesnya para teknik PLN lebih punya skill dan kemampuan karena kuliah. Oleh karena itu kita juga harus bekerja sama dengan negara China atau mungkin kita bisa mengirimkan orang-orang PLN untuk menimba ilmu di China dan agar bisa membuat alat pembangkit listrik sendiri.
6.     Pilihan yang terakhir, agak sulit dan murah adalah tenaga nuklir. Memang mungkin benar Indonesia masih belum siap dengan PLTN ini karena, kita takut dengan apa yang terjadi di Jepang. Tapi, Jepang negara yang kecil dan mirip dengan Indonesia yang berpulau-pulau kecil itu mampu dan berani untuk membuat PLTN, kenapa kita takut? Toh, PLTN ada penghalang dan penyeimbangnya. Kita bisa belajar tata cara dan penanggulangannya dari negara Jepang tersebut agar pasokan listrik kita terjaga, maka kita bisa melakukan proses produksi , dan proses apapun tanpa kendala dan tanpa memikirkan energi lagi, dan pembangunan di berbagai sektor akan maju dan pesat, pernahkan anda bermain game PC “Red Alert 2” . Red Alert 2 merupakan miniatur negara dan disana ada energi dan berbagai persoalan lainnya, saya kira masalah energi ini masalah yang serius dan harus segera dibenahi, karena agar kita fokus kepada hal yang lain dan tidak terlalu memikirkan masalah energi lagi.
7.     PLT Bio diesel dan tenaga tanaman seperti buah jarak telah kita gunakan, namun kurang efektif karena membutuhkan lahan yang banyak, tapi bagus juga untuk menghasilkan oksigen. Namun, kurang efektif jika dibandingkan dengan tenaga nuklir tadi, Indonesia sudah siap untuk tenaga nuklir seperti negara yang lainnya, Iran pun sekarang sedang mengajukan untuk membuat PLTN ini, selain murah, pasokan tenaga juga sangat banyak.
8.     PLT ombak atau gelombang laut, ini juga bagus dan kita bisa membuat bendungan buatan untuk menampung ombak dan gelombang laut yang banyak, namun hal ini banyak memakan dana dan kurang efektif. Namun tidak salahnya ini juga di coba.
9.     PLTA sumber air sudah banyak , kita sudah membuat banyak bendungan disana-sini dari Jatiluhur dll. Namun, masih saja kurang dan ada pemadaman listrik secara berkala. Mungkin diakibatkan debit air di bendungan juga tidak selalu teratur dan naik-turun, sehingga tenaga dan pasokan listrik-pun terganggu, disinilah perlunya pasokan listrik dan cadangan listrik yang lain seperti PLTN, PLTS, PLTsampah, PLTAngin, PLTBiodiesel dll, sehingga cakupan energi listrik kita bukan hanya tergantung kepada air, namun masih banyak sumber tenaga di alam Indonesia ini yang bisa digunakan sebagai cadangan listrik dan sumber tenaga.
Sistem PLN sekarang, yang menggunakan voucher seperti pulsa sebagai sumber listriknya, bagi saya sangat tidak bagus dan tidak efektif karena ada kalanya suatu rumah harus mati lampu dan tidak mendapat penerangan karena habis voucher listriknya, lebih baik listrik seperti dahulu yaitu kita membayar kepada PLN sebulan sekali dengan ada tagihannya ketimbang membeli seperti voucher, ini mengidentifikasikan listrik di Indonesia sangat miskin, walau ini sangat efektif untuk mengurangi penggunaan listrik yang tidak perlu dan berguna, namun bagi saya ini sangat memboroskan kantong masyarakat, PLTN adalah salah satunya jalan. Bukan tidak mungkin nanti akan di produksi mobil tenaga listrik secara besar-besaran di dalam negeri karena pasokan listrik dalam negeri sangat kaya dan berlimpah, sehingga kita tidak bergantung kepada gas, maupun Bahan Bakar Minyak ( BBM)  lagi. Sehingga peradaban Indonesia akan maju dan stok listrik dalam jutaan Mega Watt (MW) akan dihasilkan.

Dengan adanya mobil listrik, maka PLN bisa membuat suatu pom listrik seperti Pertamina, dan ini bisa mengakhiri masa paceklik BBM dan harga jual yang tinggi karena kita tidak perlu lagi bergantung kepada BBM , namun kepada nuklir, daripada nuklir kita di ambil terus oleh Amerika dan Freeport di sedot terus, menurut saya ini adalah langkah konkrit yang dapat dilakukan , dan saya yakin PLTN adalah aman, tinggal kita memberikan sosialisasi kepada masyarakat, jikapun tidak bisa. Kita bisa membangun PLTN di daerah yang tidak ada masyarakatnya dan kita pantau setiap hari atau minggu dan dirawat sehingga, tidak ada masyarkat yang terkena dampaknya. PLN juga harus mempersiapkan dan menguatkan sistem keamanannya terlebih dahulu, belajarlah dari negara Jepang, karena jika kita tidak mencoba kapan lagi kita kan mencoba dan menjadi negara yang maju. Terimakasih telah membaca dan melihat blog saya. :)


2 komentar:

sciNu Barbershop said...

Welcome to my life....

Nice article, boss!
Success...

visit back please: Ideku Untuk PLN

Thanks!

Unknown said...

thank you for your comment
yes aamiin :)

Post a Comment

 
;