DAFTAR ISI
DAFTAR ISI
|
i
|
BAB I :
PENDAHULUAN
|
2
|
BAB II :
DARI BIT KE INFORMASI
|
3
|
BAB III :
SATUAN DATA
|
4
|
BAB IV :
SATUAN WAKTU DAN FREKUENSI
|
5
|
BAB V :
SISTEM PENGKODEAN KARAKTER
|
6
|
BAB VI :
KONVERSI SISTEM BINER DAN SISTEM DESIMAL
|
11
|
BAB VII :
BAGIAN UNIT SISTEM
|
13
|
BAB VIII :
PROCESSOR
|
34
|
BAB IX :
MEMORY INTERNAL
|
38
|
BAB X :
PERKEMBANGAN KOMPUTER DI MASA MENDATANG
|
48
|
BAB XI :
PENUTUP
|
51
|
DAFTAR
PUSTAKA
|
52
|
BAB
I
PENDAHULUAN
Komputer
sering diidentikkan dengan Personal Computer ( PC ). Pada dasarnya, komputer
merupakan peralatan eloktronik yang terdiri atas hardware dan software.
Hardware adalah alat yang ada secara fisik ( materi ), sedangkan software
merupakan perangkat lunak yang terdiri atas program dan data. Program digunakan
untuk memproses data. Misalnya, Winamp merupakan program yang dapat dipakai
untuk memutar data file MP3 sehingga komputer mengeluarkan suara.
Komputer adalah pemroses data yang dapat digunakan untuk melakukan tugas-tugas berikut:
Komputer adalah pemroses data yang dapat digunakan untuk melakukan tugas-tugas berikut:
·
menerima masukan ( input ) berupa data dan
perintah
·
mengolah input dengan program yang tersimpan
dalam memori
·
memberikan hasil ( output ) sesuai dengan tujuan
pengolahan
Komputer tidak bisa melakukan
apa-apa jika tidak ada instruksi atau perintah. Kumpulan instruksi yang
dikenali oleh komputer disebut juga dengan program. Jika ingin memerintah
komputer, cukup gunakan program yang sudah terinstal. Salah satu software
terpenting adalah sistem operasi. Sistem operasi bertanggung jawab mengatur
program-program lain yang sedang dijalankan serta menjembatani program aplikasi
dengan hardware.
BAB
II
DARI BIT KE INFORMASI
Sejak diciptakan pertama kali, komputer berkerja atas dasar sistem biner.
Sistem biner adalah sistem bilangan yang hanya mengenal dua macam angka yang
disebut dengan istilah bit (binary digit), berupa 0 dan 1. Hanya dengan dua
kemungkinan bilangan inilah komputer dapat menyajikan informasi yang begitu
berguna bagi peradaban manusia.
Bit-bit dapat digunakan untuk menyusun karakter apa saja. Istilah
karakter dalam dunia komputer berarti:
1.
huruf, misalnya A dan z,
2.
digit, seperti 0, 2 dan 9,
3.
selain huruf maupun digit, seperti tanda + serta
& dan bahkan simbol seperti $.
Sebuah karakter dinyatakan dengan 8 bit ataupun 16 bit. Himpunan kode
yang digunakan untuk menyatakan berbagai karakter dibahas pada postingan yang
berjudul Sistem Pengkodean Karakter.
Kemungkinan nilai pada sebuah sistem biner yang berupa 0 atau 1
dinyatakan dalam sistem komputer dengan metode saklar yang hanya mengenal
keadaan hidup atau mati. Keadaan hidup menyatakan nilai 1 dan keadaan mati
menyatakan nilai 0. Sebagai contoh, dengan menggunakan 8 buah saklar maka akan
didapatkan 256 (2^8) kemungkinan nilai.
Sekalipun komputer bekerja atas dasar sistem biner, pemakai awam bekerja
dengan perspektif yang berbeda. Pada prinsipnya pemakai awam tidak perlu tahu
tentang sistem biner. Sebagai contoh, seorang pemakai yang ingin melakukan
perhitungan 10 + 2 ataupun menuliskan tulisan "Hai" tetap
berorientasi pada sistem yang biasa digunakan manusia. Pemakai tidak perlu tahu
bentuk biner dari huruf H ataupun bentuk biner dari digit 2. Secara internal
komputerlah yang mengubah bentuk representasi manusia ke dalam sistem biner dan
selanjutnya komputer menyajikan informasi dalam bentuk simbol-simbol yang biasa
digunakan manusia.
BAB
III
SATUAN DATA
Satuan Data dalam Sistem Komputer
Satuan data dalam sistem komputer penting untuk ketahui. Harddisk,
Flasdisk yang kita gunakan mempunyai kapasitas yang dinyatakan dalam byte,
misalnya 120 Giga byte. Satuan data terkecil dalam sistem komputer adalah bit
(binary digit) / angka biner. Di atas satuan bit terdapat byte, kilobyte,
megabyte, gigabyte, terabyte dan petabyte. Kita juga peranah mendengar istilah
kilobit, megabit. Istilah ini biasanya dikaitkan dengan kecepatan transfer
data, misalnya 100 mbps (megabit per second). Baiklah, kali ini saya akan
menunjukkan satuan-satuan data dalam sistem komputer.
Byte
Merupakan satuan yang digunakan untuk menyatakan sebuah karakter. Dimana satu karakter sama juga dengan 8 bit.
Kilobyte
Kilobyte merupakan tingkatan di atas byte, dimana 1 kilobyte = 1024 byte. Satuan Kilobyte disingkat dengan KB.
Megabyte
1 Megabyte = 1024 Kilobyte atau sama dengan 1024 x 1024 = 1.048.576 byte. Satuan ini disingkat dengan nama MB.
Gigabyte
1 Gigabyte = 1024 Megabyte atau sama dengan 1024 x 1024 x 1024 = 1.073.741.824 byte. Satuan ini dapat kita jumpai dalam kapasitas Hardisk. Satuan Gigabyte disingkat menjadi GB.
Terabyte
1 Terabyte = 1024 Gigabyte atau sama dengan 1024x1024x1024x1024 = 1.009.511.627.776 byte. Dapat kita jumpai dalam kapasitas harddisk dan memori pada komputer mainframe. Satuan ini disingkat dengan TB.
Petabyte
1 Petabyte = 1024 terabyte atau sama dengan 1024x1024x1024x1024x1024 = 1.125.899.906.842.624. Satuan ini diseingkat dengan PB.
Byte
Merupakan satuan yang digunakan untuk menyatakan sebuah karakter. Dimana satu karakter sama juga dengan 8 bit.
Kilobyte
Kilobyte merupakan tingkatan di atas byte, dimana 1 kilobyte = 1024 byte. Satuan Kilobyte disingkat dengan KB.
Megabyte
1 Megabyte = 1024 Kilobyte atau sama dengan 1024 x 1024 = 1.048.576 byte. Satuan ini disingkat dengan nama MB.
Gigabyte
1 Gigabyte = 1024 Megabyte atau sama dengan 1024 x 1024 x 1024 = 1.073.741.824 byte. Satuan ini dapat kita jumpai dalam kapasitas Hardisk. Satuan Gigabyte disingkat menjadi GB.
Terabyte
1 Terabyte = 1024 Gigabyte atau sama dengan 1024x1024x1024x1024 = 1.009.511.627.776 byte. Dapat kita jumpai dalam kapasitas harddisk dan memori pada komputer mainframe. Satuan ini disingkat dengan TB.
Petabyte
1 Petabyte = 1024 terabyte atau sama dengan 1024x1024x1024x1024x1024 = 1.125.899.906.842.624. Satuan ini diseingkat dengan PB.
BAB IV
SATUAN WAKTU DAN
FREKWENSI
bagi manusia 1 detik merupakan waktu yang sangat cepat, tetapi tidak bagi
komputer. Kecepatan komputer dalam memproses sebuah data sangatlah tinggi. Orde
waktu yang digunakan untuk mengerjakan sebuah instruksi jauh di bawah 1 detik.
Itulah sebabnya terdapat beberapa satuan waktu yang perlu untuk anda ketahui.
Satuan lain yang banyak disinggung dalam sistem komputer adalah satuan
untuk frekuensi. Frekuensi diukur dengan satuan Hertz. Frekuensi berarti jumlah
siklus dalam satuan detik. 1 Hertz berarti bahwa dalam satu detik terbentuk
sebuah siklus. Ukuran frekuensi yang lebih besar yaitu kilohertz dan megahertz.
1 kilohertz (KHz) = 1000hertz (Hz) Dan 1 megahertz (MHz)= 1000 kilohertz.
BAB V
SISTEM PENGKODEAN KARAKTER
Sistem yang digunakan untuk mengkodekan karakter ada bermacam-macam. Tiga
yang terkenal adalah ASCII,EBCDIC, dan UNICODE.
A. “ASCII”
ASCII (American Standard Code For Information Interchange) merupakan
kode standar yang digunakan dalam pertukaran informasi pada Komputer. Kode
ASCII ini seperti Hex dan Unicode tetnamunapi ASCII lebih bersifat universal
Kata Wikipedia :
Kode ASCII ini digunakan oleh komputer dan alat komunikasi lain untuk
menunjukkan teks. Kode ASCII sebenarnya memiliki komposisi bilangan biner
sebanyak 8 bit. Dimulai
dari 0000 0000 hingga 1111 1111.
Perlu di ketahui bahwa setiap simbol yang ada pada keyboard, mewakili
tiap kode ASCII,
Misal :
Kode ASCII 82 = R
Kode ASCII 144 =r
Kode ASCII 71 = G
Kode ASCII 103 =g
Jumlah kode ASCII adalah 255 kode.
Kode ASCII 0 - 127 merupakan kode ASCII untuk manipulasi teks
kode ASCII 128 - 255 merupakan kode ASCII untuk manipulasi grafik.
Kode ASCII sendiri dapat dikelompokkan lagi kedalam beberapa bagian:
·
Kode yang tidak terlihat simbolnya seperti :
·
Kode 10(Line Feed)
·
Kode 13(Carriage Return)
·
Kode 8(Tab)
·
Kode 32(Space)
·
-Kode yang terlihat simbolnya seperti abjad
(A..Z), numerik (0..9), karakter khusus
·
(~!@#$%^&*()_+?:”{})
·
Kode yang tidak ada di keyboard namun dapat
ditampilkan. Kode ini umumnya untuk kode-kode grafik.
B. CARA MEMBUAT KODE ASCII DENGAN KEYBOARD
Pernahkah Kalian Mengetik lewat Komputer ?
pastinya penah lah, karena untuk sampai di Blog ini saja kalian harus
mengetik keyword di Google atau langsung mengetiknya di address bar.
Dan dalam proses pengetikan, sebenarnya komputer membaca karakter ASCII
yang kita inputkan melalui keyboard lalu di tampilkan ke layar komputer sebagai
sebuah karakter. Tapi masih ada beberapa karakter yang mungkin belum banyak
diketahui, yang bisa kita tampilkan lewat Input Keyboard.
Langkah untuk membuat kode ASCII dengan Keyboard.
1.
Tahan Tombol ALT yang ada di keyboards
2.
Menekan nomor kode pada bagian numlock di
keyboard
3.
Lepaskan Tombol ALT
untuk pengguna laptop, cara pakainya
1.
aktifkan dahulu tombol numlock nya dengan
menekan tombol Fn + NumLk
2.
tombol dasar
J = 1
K = 2
L = 3
U = 4
I = 5
P = 6
7 = 7
8 = 8
9 = 9
M = 0
3.
jika
ingin mengambalian cukup tekan Fn + NumLk
C. “EBCDIC”
EBCDIC (Inggris: Extended Binary Coded Decimal
Interchange Code) adalah kode 8 - bit untuk huruf yang
dipakai pada sistem operasi komputer merk IBM, seperti z/OS, OS/390, VM, VSE,OS/400, dan i5/OS. Kode
EBCDIC ini juga dipakai untuk beberapa jenis komputer lain seperti
Fujitsu-Siemens BS2000/OSD, HP MPE/iX, dan Unisys MCP. Kode ini merupakan pengembangan dari
kode 6-bit yang dipakai untuk kartu berlubang (punched card) pada komputer IBM
antara akhir tahun 1950an dan awal tahun 1960an.
Variasi dari kode EBCDIC ini disebut CCSID 500 yang ditampilkan
pada tabel di bawah ini dalam format bilangan komputer hexadesimal.
Kode 00 sampai 3F dipakai untuk huruf kendali, kode 40 untuk spasi, dll.
D. “UNICODE”
Unicode adalah suatu standar industri yang
dirancang untuk mengizinkan teks dan simbol dari
semua sistem tulisan di dunia untuk ditampilkan
dan dimanipulasi secara konsisten oleh komputer.
Dikembangkan secara tandem dengan standar Universal Character Set dan
dipublikasikan dalam bentuk buku The Unicode Standard, Unicode mengandung
suatu kumpulan karakter, suatu
metodologi pengkodean dan
kumpulan standar penyandian karakter, suatu kumpulan bagan kode
untuk referensi visual, deskripsi sifat karakter seperti huruf besar dan huruf
kecil, suatu kumpulan data referensiberkas
komputer, serta aturan normalisasi, dekomposisi, pembandingan
(collation), serta penggambaran (rendering).
Unicode Consortium, suatu
organisasi nirlaba yang mengkoordinasikan pengembangan Unicode memiliki tujuan
ambisius untuk dapat, pada akhirnya, menggantikan skema pengkodean karakter
yang ada dengan Unicode dan skema Unicode
Transformation Format (UTF) nya, karena banyak skema yang ada
sekarang memiliki keterbatasan ukuran dan lingkup dan takserasi dengan
lingkungan multibahasa. Kesuksesan
Unicode menyatukan set karakter telah membawa pada penggunaannya yang luas dan
pradominan dalam internasionalisasi dan lokalisasi perangkat lunak komputer. Standar ini
telah diterapkan pada teknologi-teknologi terkini, termasuk XML, bahasa
pemrograman Java, dan sistem
operasi modern.
E. AKSARA NUSANTARA DALAM UNICODE
·
aksara Bugis (lontara), Unicode Versi 4.1
·
Aksara Bali,
Unicode Versi 5.0
·
Aksara Sunda
Kaganga, Unicode Versi 5.1
·
Rejang,
Unicode Versi 5.1
·
Aksara Batak,
Unicode Versi 6.0
BAB
VI
KONVERSI SISTEM BINER DAN SISTEM DESIMAL
A. SISTEM BILANGAN
Sistem bilangan (number sistem) adalah
suatu cara untuk mewakili besaran dari suatu item fisik. Sistem bilanan
yang banyak dipergunakan oleh manusia adalah sistem biilangan desimal, yaitu
sisitem bilangan yang menggunakan 10 macam simbol untuk mewakili suatu
besaran.Sistem ini banyak digunakan karena manusia mempunyai sepuluh jari untuk
dapat membantu perhitungan. Lain halnya dengan komputer, logika di komputer
diwakili oleh bentuk elemen dua keadaan yaitu off (tidak ada arus) dan on
(ada arus). Konsep inilah yang dipakai dalam sistem bilangan binary yang
mempunyai dua macam nilai untuk mewakili
suatu besaran nilai. Selain sistem bilangan biner, komputer juga menggunakan
hexadesimal.
B. KONVERSI BILANGAN
Konversi bilangan adalah suatu proses dimana satu sistem bilangan dengan
basis tertentu akan dijadikan bilangan dengan basis yang lain.
·
Konversi
dari bilangan Desimal ke Biner
Yaitu dengan cara membagi bilangan desimal dengan dua kemudian diambil
sisa pembagiannya.
·
Konversi
Pecahan Desimal (Decimal Fractions) ke Biner
Terdapat metode sederhana untuk untuk melakukan konversi pecahan decimal
menjadi basis biner. Sebagai contoh adalah dengan mengkonversi pecahan 0.625
menjadi basis biner.
Note : 0.625 =
.625
Langkah 1
Mulai dengan mengalikan pecahan
desimal dengan 2.
.625 X 2 = 1.25
; Jadi bilangan biner pertama adalah 1.
Langkah 2
Abaikan angka 1 dari hasil pada
langkah 1 (sehingga 1.25 menjadi 0.25). Kemudian kalikan dengan 2 lagi.
0.25 X 2 = 0.50
; Jadi bilangan biner kedua adalah 0.
Langkah 3
Ulangi langkah 2. Sehingga :
0.50 X 2 = 1.00
; Jadi bilangan biner ketiga adalah 1.
Karena hasil
perkalian pada langkah 3 sudah menunjukkan pecahan atau angka dibelakang koma
adalah 0, maka proses konversi pecahan decimal ke basis biner selesai.
Sehingga, basis basis biner dari 0.625 adalah :
.625 = .101
·
Konversi
ke Biner
Misalnya mau diubah bilangan hexadesimal 5D9316 menjadi bilangan biner,
dengan menggunakan table digit bilangan heksadesimel didapatkan konversi
sebagai berikut :
5 = 0101
D = 1101
9 = 1001
3 = 0011
Dengan pengurutan dari atas ke bawah, didapat bilangan biner untuk heks
5D93 adalah 0101110110010011.
BAB
VII
BAGIAN UNIT SISTEM
A. BAGIAN UNIT SISTEM
Struktur komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari tiap komponen
saling terkait satu dengan yang lain. Sedangkan fungsi komputer didefinisikan sebagai
operasi masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur. Adapun fungsi dari
masing-masing komponen
dalam struktur di atas adalah sebagai berikut :
1. Input Device (Alat Masukan)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk
memasukan data atau perintah ke dalam komputer
2. Output Device (Alat Keluaran)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran
sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas),
soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
3. I/O Ports
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem.
Peralatan input dan output diatas terhubung melalui port ini.
4. CPU (Central Processing Unit)
CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi
operasional, yaitu ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data,
dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
5. Memori
Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori
external. Memori internal berupa RAM (Random Accese Memory) yang berfungsi
untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read
Only Memory) yaitu memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia
informasi pada saat komputer pada saat dinyalakan.
6. Data Bus
Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer.
Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawah 1
bit data, maka jumlah saluran menetukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada
suatu saat. Lebar data bus ini menetukan kinerja sistem secara keseluruhan.
Sifatnya bldirectional, artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui
data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 paralel.
7. Address Bus
Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses
transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan
ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32
jalur paralel.
8. Control Bus
Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus
dan Address Bus. terdiri dari 4 sampai 10 jalur paralel.
B. MOTHERBOARD
1. Mengenal Lebih Dekat Dengan Motherboard
Motherboard alias mainboard alias system board, ketiganya mengacu pada
satu barang yang sama, yakni sebuah papan sirkuit dan panel-panel elektronik
yang menggerakan system PC secara keseluruhan. Secara prinsip, sebuah
motherboard terdiri atas beberapa bagian yakni system CPU (prosesor), sirkuit
clock/timing, Ram, Cache, ROM BIOS, I/O port seperti port serial, port pararel,
slot ekspansi, prot IDE.
Yang perlu
diperhatikan!
Terutama sekali, sedikitnya ada 7 hal yang harus diperhatikan pada
sebuah motherboard. Ketujuh komponen tersebut adalah :
1.
Chipset
2.
Tipe
CPU
3.
Slot
dan tipe memori
4.
Cache
memory
5.
Sistem
BIOS
6.
Slot
ekspansi
7.
Port
I/O
Dari sinilah sesungguhnya problem pada sebuah system PC bisa
dilacak atau dideteksi. Kerusakan di luar 7 komponen tersebut biasanya jarang
terjadi. Kemungkinan yang lain, bila ketujuh komponen ini terlihat beres-beres
saja, patut diduga bahwa masalahnya terletak pada arsitektur motherboard itu
sendiri, entah sirkuit-sirkuitnya, atau komponen-komponen yang dipergunakannya.
2. Chipset : Komandan data dan proses
Disebut chipset karena barang satu ini umumnya merupakan sepasang
chip yang mengendalikan prosesor dan fitur-fitur hardware yang ada pada
mortherboard secara menyeluruh. Sepasang chip ini, yang satu buah disebut North
Bright chip dan satu lagi dipanggil South Bridge chip, bisa dibilang merupakan
panglima tertinggi pada sebuah system bernama motherboard.Saat ini, terdapat
banyak motherboard dengan chipset yang berbeda-beda. Jenis chipset yang
digunakan pada motherboard akan menentukan beberapa hal antara lain.
1.
Tipe
prosesor yang bias digunakan
2.
Jenis
memori yang bias mendukung system PC dan kapasitas maksimumnya
3.
Kelengkapan
I/O yang mampu disediakan
4.
Tipe
display adapter yang bisa digunakan
5.
Lebar
data pada motgherboarad yang bisa didukung
6.
Ketersedian
fitur-fitur tambahan (misalnya LAN, sound card, atau modem onboard).
3. Tipe CPU
Terdapat tiga tipe CPU yang banyak beredar di pasaran yakni CPU
keluaran Intel Corporation, AMD keluaran Advanced Micro Device, dan Cyrix atau
VIA C3 keluaran VIA Technologies Corporation. CPU alias prosesor keluaran VIA
sendiri pada umumnya mengikuti platform teknologi yang dikeluarkan oleh Intel.
Artinya, setiap seri prosesor yang dirilis VIA pada umumnya selalu memiliki
kompatibilitas dengan seri prosesor yang dibuat Intel. Sementara AMD
menggunakan platform teknologi yang berbeda dari yang digunakan oleh Intel,
sekalipun teknologi pross yang digunakan oleh perusahaan ini juga mengikuti apa
yang dilakukan Intel. Lantaran perbedaan platform ini, prosesor AMD menggunakan
soket atau slot yang berbeda dari yang digunakan oleh Intel. Bila Intel
menyebut Slot 1, AM menyebutnya Slot A. pada prosesor soket, belakangan AMD
relative lebih konsisten dalam mengeluarakan tipe soket yang digunakan, yakni
senantiasa menggunakan Soket A yang kompatibel pada seri kecepatan manapun,
yakni soket dengan jumlah pin 462 buah. Bandingkan dengan Intel yang selalu
berubah-ubah, dari soket 370 pin, kemudian menjadi 423 pin, lalu berubah lagi
menjadi 478. akibatnya, kemungkinan untuk meng-upgrade sebuah prosesor Intel
generasi baru selalu harus dibarengi dengan penggantian motherboard itu
sendiri. Berikut adalah sedikit sejarah perkembangan prosesor Intel dan para
clone-nya yang berhasil disarikan
·
Debut Intel dimulai dengan processor seri
MCS4 yang merupakan cikal bakal dari prosesor i4040. Processor 4 bit ini yang
direncanakan untuk menjadi otak calculator , pada tahun yang sama (1971), intel
membuat revisi ke i440. Awalnya dipesan oleh sebuah perusahaan Jepang untuk
pembuatan kalkulator , ternyata prosesor ini jauh lebih hebat dari yang
diharapkan sehingga Intel membeli hak guna dari perusahaan Jepang tersebut
untuk perkembangan dan penelitian lebih lanjut. Di sinilah cikal bakal untuk
perkembangan ke arah prosesor komputer.
·
Berikutnya muncul processor 8 bit pertama
i8008 (1972), tapi agak kurang disukai karena multivoltage.. lalu baru muncul
processor i8080, disini ada perubahan yaitu jadi triple voltage, pake teknologi
NMOS (tidak PMOS lagi), dan mengenalkan pertama kali sistem clock generator
(pake chip tambahan), dikemas dalam bentuk DIP Array 40 pins. Kemudian muncul
juga processor2 : MC6800 dari Motorola -1974, Z80 dari Zilog -1976 (merupakan
dua rival berat), dan prosessor2 lain seri 6500 buatan MOST, Rockwell, Hyundai,
WDC, NCR dst. Z80 full compatible dengan i8008 hanya sampai level bahasa mesin.
Level bahasa rakitannya berbeda (tidak kompatibel level software). Prosesor
i8080 adalah prosesor dengan register internal 8-bit, bus eksternal 8-bit, dan
memori addressing 20-bit (dapat mengakses 1 MB memori total), dan modus operasi
REAL.
·
Thn 77 muncul 8085, clock generatornya
onprocessor, cikal bakalnya penggunaan single voltage +5V (implementasi s/d
486DX2, pd DX4 mulai +3.3V dst).
·
i8086, prosesor dengan register 16-bit,
bus data eksternal 16-bit, dan memori addressing 20-bit. Direlease thn 78
menggunakan teknologi HMOS, komponen pendukung bus 16 bit sangat langka ,
sehingga harganya menjadi sangat mahal.
·
Maka utk menjawab tuntutan pasar muncul
i8088 16bit bus internal, 8bit bus external. Sehingga i8088 dapat memakai
komponen peripheral 8bit bekas i8008. IBM memilih chip ini untuk pebuatan IBM
PC karena lebih murah daripada i8086. Kalau saja CEO IBM waktu itu tidak
menyatakan PC hanyalah impian sampingan belaka, tentu saja IBM akan menguasai
pasar PC secara total saat ini. IBM PC first release Agustus 1981 memiliki 3
versi IBM PC, IBM PC-Jr dan IBM PC-XT (extended technology). Chip i8088 ini
sangat populer, sampai NEC meluncurkan sebuah chip yang dibangun berdasarkan
spesifikasi pin chip ini, yang diberi nama V20 dan V30. NEC V20 dan V30 adalah
processor yang compatible dengan intel sampai level bahasa assembly (software).
Chip 8088 dan 8086 kompatibel penuh dengan program yang dibuat untuk chip
8080, walaupun mungkin ada beberapa program yang dibuat untuk 8086 tidak
berfungsi pada chip 8088 (perbedaan lebar bus)
·
Lalu muncul 80186 dan i80188.. sejak
i80186, prosessor mulai dikemas dalam bentuk PLCC, LCC dan PGA 68 kaki.. i80186
secara fisik berbentuk bujursangkar dengan 17 kaki persisi (PLCC/LCC) atau 2
deret kaki persisi (PGA) dan mulai dari i80186 inilah chip DMA dan interrupt controller
disatukan ke dalam processor. semenjak menggunakan 286, komputer IBM
menggunakan istilah IBM PC-AT (Advanced Technology)dan mulai dikenal pengunaan
istilah PersonalSystem (PS/1). Dan juga mulai dikenal penggunaan slot ISA 16
bit yang dikembangkan dari slot ISA 8 bit , para cloner mulai ramai
bermunculan. Ada AMD, Harris & MOS yang compatible penuh dengan intel. Di
286 ini mulai dikenal penggunaan Protected Virtual Adress Mode yang memungkinkan
dilakukannya multitasking secara time sharing (via hardware resetting).
Tahun 86 IBM membuat processor dengan
arsitektur RISC 32bit pertama untuk kelas PC. Namun karena kelangkaan software,
IBM RT PC ini “melempem” untuk kelas
enterprise, RISC ini berkembang lebih pesat, setidaknya ada banyak vendor yang
saling tidak kompatibel.
·
Lalu untuk meraih momentum yang hilang
dari chip i8086, Intel membuat i80286, prosesor dengan register 16-bit, bus
eksternal 16-bit, mode protected terbatas yang dikenal dengan mode STANDARD
yang menggunakan memori addressing 24-bit yang mampu mengakses maksimal 16 MB
memori. Chip 80286 ini tentu saja kompatibel penuh dengan chip-chip seri 808x
sebelumnya, dengan tambahan beberapa set instruksi baru. Sayangnya chip ini
memiliki beberapa bug pada desain hardware-nya, sehingga gagal mengumpulkan
pengikut.
·
Pada tahun 1985, Intel meluncurkan desain
prosesor yang sama sekali baru: i80386. Sebuah prosesor 32-bit , dalam arti
memiliki register 32-bit, bus data eksternal 32-bit, dan mempertahankan
kompatibilitas dengan prosesor generasi sebelumnya, dengan tambahan
diperkenalkannya mode PROTECTED 32-BIT untuk memori addressing 32-bit, mampu
mengakses maksimum 4 GB , dan tidak lupa tambahan beberapa instruksi baru. Chip
ini mulai dikemas dalam bentuk PGA (pin Grid Array)
1)
Prosesor Intel sampai titik ini belum menggunakan unit
FPU secara
2)
internal . Untuk dukungan FPU, Intel meluncurkan seri
80×87. Sejak 386 ini mulai muncul processor cloner : AMD, Cyrix, NGen, TI, IIT,
IBM (Blue Lightning) dst, macam-macamnya : i80386 DX (full 32 bit)
3)
i80386 SX (murah karena 16bit external)
4)
i80486 DX (int 487)
5)
i80486 SX (487 disabled)
6)
Cx486 DLC (menggunakan MB 386DX, juga yang lain)
7)
Cx486 SLC (menggunakan MB 386SX)
8)
i80486DX2
9)
i80486DX2 ODP
10)Cx486DLC2 (arsitektur MB 386)
11)Cx486SLC2 (arsitektur MB 386)
12)i80486DX4
13)i80486DX4 ODP
14)i80486SX2
15)Pentium
16)Pentium ODP
·
Sekitar tahun 1989 Intel meluncurkan
i80486DX. Seri yang tentunya sangat populer, peningkatan seri ini terhadap seri
80386 adalah kecepatan dan dukungan FPU internal dan skema clock multiplier
(seri i486DX2 dan iDX4), tanpa tambahan instruksi baru. Karena permintaan
publik untuk prosesor murah, maka Intel meluncurkan seri i80486SX yang tak lain
adalah prosesor i80486DX yang sirkuit FPU-nya telah disabled . Seperti yang
seharusnya, seri i80486DX memiliki kompatibilitas penuh dengan set instruksi
chip-chip seri sebelumnya.
·
AMD dan Cyrix kemudian membeli rancangan
prosesor i80386 dan i80486DX untuk membuat prosesor Intel-compatible, dan
mereka terbukti sangat berhasil. Pendapat saya inilah yang disebut proses
‘cloning’, sama seperti cerita NEC V20 dan V30. AMD dan Cyrix tidak melakukan
proses perancangan vertikal (berdasarkan sebuah chip seri sebelumnya),
melainkan berdasarkan rancangan chip yang sudah ada untuk membuat chip yang
sekelas.
·
Tahun 1993, dan Intel meluncurkan prosesor
Pentium. Peningkatannya terhadap i80486: struktur PGA yang lebih besar
(kecepatan yang lebih tinggi , dan pipelining, TANPA instruksi baru. Tidak ada
yang spesial dari chip ini, hanya fakta bahwa standar VLB yang dibuat untuk
i80486 tidak cocok (bukan tidak kompatibel) sehingga para pembuat chipset
terpaksa melakukan rancang ulang untuk mendukung PCI. Intel menggunakan istilah
Pentium untuk meng”hambat” saingannya. Sejak Pentium ini para cloner mulai
“rontok” tinggal AMD, Cyrix . Intel menggunakan istilah Pentium karena Intel
kalah di pengadilan paten. alasannya angka tidak bisa dijadikan paten, karena
itu intel mengeluarkan Pentium menggunakan TM. AMD + Cyrix tidak ingin
tertinggal, mereka mengeluarkan standar Pentium Rating (PR) sebelumnya ditahun
92 intel sempat berkolaborasi degan Sun, namun gagal dan Intel sempat dituntut
oleh Sun karena dituduh menjiplak rancangan Sun. Sejak Pentium, Intel telah
menerapkan kemampuan Pipelining yang biasanya cuman ada diprocessor RISC (RISC
spt SunSparc). Vesa Local Bus yang 32bit adalah pengembangan dari arsitektur
ISA 16bit menggunakan clock yang tetap karena memiliki clock generator sendiri
(biasanya >33Mhz) sedangkan arsitektur PCI adalah arsitektur baru yang
kecepatan clocknya mengikuti kecepatan clock Processor (biasanya kecepatannya
separuh kecepatan processor).. jadi Card VGA PCI kecepatannya relatif tidak
akan sama di frekuensi MHz processor yang berbeda alias makin cepat MHz
processor, makin cepat PCI-nya
·
Tahun 1995, kemunculan Pentium Pro.
Inovasi disatukannya cache memori ke dalam prosesor menuntut dibuatnya socket 8
. Pin-pin prosesor ini terbagi 2 grup: 1 grup untuk cache memori, dan 1 grup
lagi untuk prosesornya sendiri, yang tak lebih dari pin-pin Pentium yang diubah
susunannya . Desain prosesor ini memungkinkan keefisienan yang lebih tinggi
saat menangani instruksi 32-bit, namun jika ada instruksi 16-bit muncul dalam
siklus instruksi 32-bit, maka prosesor akan melakukan pengosongan cache
sehingga proses eksekusi berjalan lambat. Cuma ada 1 instruksi yang
ditambahkan: CMOV (Conditional MOVe) .
·
Tahun 1996, prosesor Pentium MMX.
Sebenarnya tidak lebih dari sebuah Pentium dengan unit tambahan dan set
instruksi tambahan, yaitu MMX. Intel sampai sekarang masih belum memberikan
definisi yang jelas mengenai istilah MMX. Multi Media eXtension adalah istilah
yang digunakan AMD . Ada suatu keterbatasan desain pada chip ini: karena modul
MMX hanya ditambahkan begitu saja ke dalam rancangan Pentium tanpa rancang
ulang, Intel terpaksa membuat unit MMX dan FPU melakukan sharing, dalam arti
saat FPU aktif MMX non-aktif, dan sebaliknya. Sehingga Pentium MMX dalam mode
MMX tidak kompatibel dengan Pentium.
Bagaimana dengan AMD K5? AMD K5-PR75 sebenarnya
adalah sebuah ‘clone’ i80486DX dengan kecepatan internal 133MHz dan clock bus
33MHz . Spesifikasi Pentium yang didapat AMD saat merancang K5 versi-versi
selanjutnya dan Cyrix saat merancang 6×86 hanyalah terbatas pada spesifikasi
pin-pin Pentium. Mereka tidak diberi akses ke desain aslinya. Bahkan IBM tidak
mampu membuat Intel bergeming (Cyrix, mempunyai kontrak terikat dengan IBM
sampai tahun 2005)Mengenai rancangan AMD K6, tahukah anda bahwa K6 sebenarnya
adalah rancangan milik NexGen ? Sewaktu Intel menyatakan membuat unit MMX, AMD
mencari rancangan MMX dan menambahkannya ke K6. Sayangnya spesifikasi MMX yang
didapat AMD sepertinya bukan yang digunakan Intel, sebab terbukti K6 memiliki
banyak ketidakkompatibilitas instruksi MMX dengan Pentium MMX.
·
Tahun 1997, Intel meluncurkan Pentium II,
Pentium Pro dengan teknologi MMX yang memiliki 2 inovasi: cache memori tidak
menjadi 1 dengan inti prosesor seperti Pentium Pro , namun berada di luar inti
namun berfungsi dengan kecepatan processor. Inovasi inilah yang menyebabkan
hilangnya kekurangan Pentium Pro (masalah pengosongan cache) Inovasi kedua,
yaitu SEC (Single Edge Cartidge), Kenapa? Karena kita dapat memasang prosesor
Pentium Pro di slot SEC dengan bantuan adapter khusus. Tambahan : karena cache
L2 onprocessor, maka kecepatan cache = kecepatan processor, sedangkan karena
PII cachenya di”luar” (menggunakan processor module), maka kecepatannya
setengah dari kecepatan processor. Disebutkan juga penggunaan Slot 1 pada PII
karena beberapa alasan :
Pertama, memperlebar jalur data (kaki banyak –
Juga jadi alasan Socket 8), pemrosesan pada PPro dan PII dapat paralel. Karena
itu sebetulnya Slot 1 lebih punya kekuatan di Multithreading / Multiple
Processor. ( sayangnya O/S belum banyak mendukung, benchmark PII dual
processorpun oleh ZDBench lebih banyak dilakukan via Win95 ketimbang via
NT)Kedua, memungkinkan upgrader Slot 1 tanpa memakan banyak space di
Motherboard sebab bila tidak ZIF socket 9 , bisa seluas Form Factor(MB)nya
sendiri konsep hemat space ini sejak 8088 juga sudah ada .Mengapa keluar juga
spesifikasi SIMM di 286? beberapa diantaranya adalah efisiensi tempat dan
penyederhanaan bentuk.
Ketiga, memungkinkan penggunaan cache module
yang lebih efisien dan dengan speed tinggi seimbang dengan speed processor dan
lagi-lagi tanpa banyak makan tempat, tidak seperti AMD / Cyrix yang “terpaksa”
mendobel L1 cachenya untuk menyaingi speed PII (karena L2-nya lambat) sehingga
kesimpulannya AMD K6 dan Cyrix 6×86 bukan cepat di processor melainkan cepat di
hit cache! Sebab dengan spec Socket7 kecepatan L2 cache akan terbatas hanya
secepat bus data / makin lambat bila bus datanya sedang sibuk, padahal PII
direncanakan beroperasi pada 100MHz (bukan 66MHz lagi). Point inilah salah satu
alasan kenapa intel mengganti chipset dari 430 ke 440 yang berarti juga harus
mengganti Motherboard.
C. CATU DAYA
1. Sistem Pendingin Komputer
Sistem Pendingin pada komputer sangat berpengaruh pada stabilitas
komputer itu sendiri lalu bagaimana supaya sistem pendingin atau sirkulasi
udara dalam CPU agar berjalan optimal. Beberapa hal yang perlu dilakukan
sebagai berikut :
Menambah Kipas Pada Casing
Dengan penambahan kipas dapat membantu kerja Blower yang ada pada power
suply agar udara pada yang ada di dalam casing atau CPU dapat dibuang secara
maksimal.Pemasangan kipas dapat bervariasi, tergantung bentuk dan model kabin
dalam casing.
Menutup Casing
Banyak orang beranggapan dengan membuka casing CPU dapat membuat CPU
lebih dingin. Kenyataannya, justru sebaliknya, Karena sistem pendingin pada CPU
mengandalkan sirkulasi udara. Sirkulasi udara yang baik adalah melalui
celah-celah yang terdapat pada casing. Dari celah-celah tersebut udara masuk
yang kemudian keluar lewat kipas yang terdapat pada power suply. Nah jika tutup
casing di buka tidak akan ada sirkulas udara yang baik, justru akan menimbulkan
pemanasan local yang mengakibatkan komponen dalam CPU cepat atau lambat akan
rusak, dan kerusakan ini akan lebih fatal seperti hang dan over heating pada
komponen yang penting.
2. PelindungKejutan
3. Regulator Tangan( Stabilizer)
4. UPS
Uninterruptible Power Supply, atau yang biasa lebih di kenal dengan
nama UPS..adalah perangkat yang biasa digunakan sebagai tenaga baterai cadangan
untuk memberikan suplay listrik ke perangkat elektronik. Tentun masih segar di
ingatan anda pastinya, beberapa hari yang lalu pusat IDC di duren tiga
mengalami kebakaran pada UPS nya, yang menyebabkan sejumlah situs besar di
tanah air tak bisa di akses, so bisa di bilang peran UPS adalah vital dan wajib
adanya.
UPS sendiri di bagi beberapa jenis seperti
·
Line-interactive UPS
·
On-line UPS
·
Off-line UPS
·
modified UPS
Kesemua jenis UPS di atas mempunyai fungsi dan peran yang berbeda-beda,
tetapi tetap satu tujuan yakni sebagai cadangan suplay daya untuk perangkat
elektronik. UPS sendiri mempunyai beberapa komponen utama seperti :
·
Baterai UPS
·
Rectifier
·
Inverter
3 Komponen utama ini cukup penting perannya dalam mendukung kinerja
sebuah UPS, jika ada salah satu dari mereka yang rusak Seperti Baterai
UPS pada umumny, tentunya akan sangat menggangu kinerja UPS itu sendiri.
UPS bekerja berdasar kepekaan tegangan. (RT)UPS akan menemukan penyimpangan
jalur voltase (linevoltage) misalnya, kenaikan tajam, kerendahan, gelombang dan juga penyimpangan yang disebabkan
oleh pemakaian dengan alat pembangkit tenaga listrik yang murah. Karena gagal,
UPS akan berpindah ke operasi on-battery atau baterai hidup sebagai reaksi
kepada penyimpangan untuk melindungi bebannya (load). Jika kualitas listrik
kurang, UPS mungkin akan sering berubah ke operasi on-battery,..Seperti itulah
cara kerja UPS yang sangat sederhana
D. BUS
1. Pengertian Sistem Bus
Bus adalah Jalur komunikasi yang dibagi pemakai Suatu set kabel
tunggal yang digunakan untuk menghubungkan berbagai subsistem. Karakteristik
penting sebuah bus adalah bahwa bus merupakan media transmisi yang dapat
digunakan bersama. Sistem komputer terdiri dari sejumlah bus yang berlainan
yang menyediakan jalan antara dua buah komponen pada bermacam-macam tingkatan
hirarki sistem komputer.
Suatu Komputer tersusun atas beberapa komponen penting
seperti CPU, memori, perangkat Input/Output. setiap computer saling berhubungan
membentuk kesatuan fungsi. Sistem bus adalah penghubung bagi keseluruhan
komponen computer dalam menjalankan tugasnya. Transfer data antar komponen komputer
sangatlah mendominasi kerja suatu computer. Data atau program yang tersimpan
dalam memori dapat diakses dan dieksekusi CPU melalui perantara bus, begitu
juga kita dapat melihat hasil eksekusi melalui monitor juga menggunakan system
bus.
2. Cara Kerja Sistem Bus
Pada sistem komputer yang lebih
maju, arsitektur komputernya akan lebih kompleks, sehingga untuk
meningkatkan performa, digunakan beberapa buah bus. Tiap bus merupakan jalur data antara beberapa device
yang berbeda. Dengan cara ini RAM, Prosesor, GPU (VGA AGP) dihubungkan oleh bus
utama berkecepatan tinggi yang lebih dikenal dengan nama FSB (Front Side Bus) .
Sementara perangkat lain yang lebih lambat dihubungkan oleh bus yang
berkecepatan lebih rendah yang terhubung dengan bus lain yang lebih cepat
sampai ke bus utama. Untuk komunikasi antar bus ini digunakan sebuah bridge.
3. Jenis - Jenis Bus
Berdasar jenis busnya, bus dapat dibedakan menjadi bus yang khusus
menyalurkan data tertentu, contohnya paket data saja, atau alamat saja, jenis
ini disebut Dedicated Bus. Namun apabila bus yang dilalui informasi yang
berbeda baik data, alamat, dan sinyal kontrol dengan metode multipleks data
maka bus ini disebut Multiplexed Bus. Kekurangan multiplexed bus adalah
hanya memerlukan saluran sedikit sehingga menghemat tempat tapi kecepatan
transfer data menurun dan diperlukan mekanisme yang komplek untuk mengurai data
yang telah dimultipleks. Sedangkan untuk dedicated bus merupakan kebalikan dari
multipexed bus.
4. Struktur Bus
Sebuah bus sistem terdiri dari 50 hingga 100 saluran yang terpisah.
Masing-masing saluran ditandai dengan arti dan fungsi khusus. Walaupun terdapat
sejumlah rancangan bus yang berlainan, fungsi saluran bus dapat
diklasifikasikan menjadi tiga kelompok, yaitu saluran data, saluran alamat, dan
saluran kontrol. Selain itu, terdapat pula saluran distribusi daya yang
memberikan kebutuhan daya bagi modul yang terhubung.
a.
Saluran Data
Saluran data memberikan lintasan bagi perpindahan data antara dua modul
sistem. Saluran ini secara kolektif disebut bus data. Umumnya bus data terdiri
dari 8, 16, 32 saluran, jumlah saluran diakitakan denang lebar bus data. Karena
pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit, maka
jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat dipindahkan pada suatu saat.
Lebar bus data merupakan faktor penting dalam menentukan kinerja sistem secara
keseluruhan. Misalnya, bila bus data lebarnya 8 bit, dan setiap instruksi
panjangnya 16 bit, maka CPU harus dua kali mengakses modul memori dalam setiap
siklus instruksinya.
b.
Saluran Alamat
Saluran alamat digunakan untuk menandakan sumber atau tujuan
data pada bus data. Misalnya, bila CPU akan membaca sebuah word data dari
memori, maka CPU akan menaruh alamat word yang dimaksud pada saluran alamat.
Lebar bus alamat akan menentukan kapasitas memori maksimum sistem. Selain itu,
umumnya saluran alamat juga dipakai untuk mengalamati port-port input/outoput.
Biasanya, bit-bit berorde lebih tinggi dipakai untuk memilih lokasi memori atau
port I/O pada modul.
c.
Saluran Kontrol
Saluran kontrol digunakan untuk mengntrol akses ke saluran alamat dan
penggunaan data dan saluran alamat. Karena data dan saluran alamat dipakai
bersama oleh seluruh komponen, maka harus ada alat untuk mengontrol
penggunaannya. Sinyal-sinyal kontrol melakukan transmisi baik perintah maupun
informasi pewaktuan diantara modul-modul sistem. Sinyal-sinyal pewaktuan
menunjukkan validitas data dan informasi alamat. Sinyal-sinyal perintah
mespesifikasikan operasi-operasi yang akan dibentuk. Umumnya saluran kontrol
meliputi : memory write, memory read, I/O write, I/O read, transfer ACK, bus request,
bus grant, interrupt request, interrupt ACK, clock, reset.
5. Contoh - Contoh Bus
Banyak perusahaan yang mengembangakan bus-bus antarmuka terutama untuk
perangkat peripheral. Diantara jenis bus yang beredar di pasaran saat ini
adalah, PCI, ISA, USB, SCSI, FuturaBus+, FireWire, dan lain-lain. Semua
memiliki keunggulan, kelemahan, harga, dan teknologi yang berbeda sehingga akan
mempengaruhi jenis-jenis penggunaannya.
·
Bus ISA : Industri computer personal
lainnya merespon perkembangan ini dengan mengadopsi standarnya sendiri, bus ISA
(Industry Standar Architecture), yang pada dasarnya adalah bus PC/AT yang
beroperasi pada 8,33 MHz. Keuntungannya adalah bahwa pendekatan ini tetap
mempertahankan kompatibilitas dengan mesin-mesin dan kartu-kartu yang ada.
·
Bus PCI : Peripheral Component
Interconect (PCI) adalah bus yang tidak tergantung prosesor dan berfungsi
sebagai bus mezzanine atau bus peripheral. Standar PCI adalah 64 saluran data
pada kecepatan 33MHz, laju transfer data 263 MB per detik atau 2,112 Gbps. Keunggulan
PCI tidak hanya pada kecepatannya saja tetapi murah dengan keping yang sedikit.
·
Bus USB : Semua perangkat peripheral
tidak efektif apabila dipasang pada bus kecepatan tinggi PCI, sedangkan banyak
peralatan yang memiliki kecepatan rendah seperti keyboard, mouse, dan printer.
Sebagai solusinya tujuh vendor computer (Compaq, DEC, IBM, Intel, Microsoft,
NEC, dan Northen Telecom) bersama-sama meranccang bus untuk peralatan I/O
berkecepatan rendah. Standar yang dihasilakan dinamakan Universal Standard Bus
(USB).
·
Bus SCSI : Small Computer System
Interface (SCSI) adalah perangkat peripheral eksternal yang dipo[ulerkan oleh
macintosh pada tahun 1984. SCSI merupakan interface standar untuk drive CD-ROM,
peralatan audio, hard disk, dan perangkat penyimpanan eksternal berukuan besar.
SCSI menggunakan interface paralel dengan 8,16, atau 32 saluran data.
·
Bus P1394 / Fire Wire : Semakin pesatnya
kebutuhan bus I/O berkecepatan tinggi dan semakin cepatnya prosesor saat ini
yang mencapai 1 GHz, maka perlu diimbangi dengan bus berkecepatan tinggi juga.
Bus SCSI dan PCI tidak dapat mencukupi kebutuhan saat ini. Sehingga dikembangkan
bus performance tinggi yang dikenal dengan FireWire (P1393 standard IEEE).
P1394 memiliki kelebihan dibandingkan dengan interface I/O lainnya, yaitu
sangat cepat, murah, dan mudah untuk diimplementasikan. Pada kenyataan P1394
tidak hanya popular pada system computer, namun juga pada peralatan elektronik
seperti pada kamera digital, VCR, dan televise. Kelebihan lain adalah
penggunaan transmisi serial sehingga tidak memerlukan banyak kabel.
E. Port Hardware I/O
1. Fungsi dan Jenis-Jenis Port Pada Komputer
Port merupakan colokan yang terpasang di bagian belakang case yang
berfungsi sebagai penghubung antara komponen di dalam unit system dengan
piranti diluar, sebagai contoh, port untuk menghubungkan camera digital,
monitor, mouse dsb.
Port dikelompokkan menjadi beberapa bagian yaitu ; Port Serial, Port
Parallel, Port USB, port SCSI, PortInfra merah serta port-port yang lain.
a.
Port Serial
Biasa digunakan untuk melakukan tranmisi data yang beroreintasi pada
pengiriman sebuah bit per waktu, kareana sifatnya demikian pegiriman data
berjalan agak lambat, biasanya digunakan untuk mengoneksi piranti seperti :
printer, mouse, modem, PLC (programmable Logic controller), pembaca kartu
maknetik dan pembaca barcode. Port ini sering dinyatakan dengan nama COM.
Konektor yang digunakan adalah RS-232C dengan 9 pin atau 25 pin
b.
Port Parallel
Port Parallel atau sering disebut port LPT bekerja atas dasar 8 bit
perwaktu, cocok untuk pengiriman data dengan cepat, tetapi dengan kabel yang
pendek (tidak lebih dari 15 kaki). Umumnya digunakan untuk printer parallel,
hard disk eksternal dan zip drive. Konektor yang digunakan adalah DB-25 yang
terdiri dari 25 pin
c.
Port USB
Port USB merupakan port yang akhir-akhir ini sangat populer digunakan,
yang dapat digunakan untuk menghubungkan berbagai piranti seperti camera
digital, printer, scanner, zip drive dan sebagainya, port ini mempunyai
kecepatan tinggi bila dibandingkan dengan port serial maupun port paralel
d.
Port SCSI
Port SCSI adalah Small Compter System Interface yang merupakan jenis port
yang memungkinkan koneksi antar piranti dalam bentuk sambung menyambung. Port
mempunyai kecepatan tinggi, dengan kecepatan tranfernya 32 bit per waktu, biasa
digunakan untuk menghubunkan hard drive, scanner, printer dan tape drive,
konektor yang digunakan adalah DB-25 dan 50 pin Centronics SCSI.
e.
Port Infra Merah
Port ini digunakan untuk mendukung hubungan tanpa kabel, misalnya untuk
menghubungkan mouse yang menggunakan infra merah sebagai media tranmisi,
mengirim data dari ponsel, dan sebagainya
f.
Port-Port Lain
Banyak port lain yang tidak tergolong pada port-port diatas, misalnya
port untuk monitor, port keyboard, port mouse, port speaker, port jaringan,
port dll.
2. Jenis-Jenis Port Pada Komputer
Port merupakan colokan yang terpasang di bagian belakang case yang berfungsi
sebagai penghubung antara komponen di dalam unit system dengan piranti diluar,
sebagai contoh, port untuk menghubungkan camera digital, monitor, mouse dsb.
Port dibagi menjadi 2, yaitu :
·
Port fisik,adalah soket atau slot atau colokan
yang ada di belakang CPU sebagai penghubung peralatan input-output komputer,
misalnya Mouse,keyboard,printer…dll.
·
Port Logika (non fisik),adalah port yang di
gunakan oleh Software sebagai jalur untuk melakukan koneksi dengan komputer
lain, tentunya termasuk koneksi internet.
Port Fisik :
a.
Port
Serial
Biasa digunakan untuk melakukan tranmisi data yang beroreintasi pada
pengiriman sebuah bit per waktu, kareana sifatnya demikian pegiriman data
berjalan agak lambat, biasanya digunakan untuk mengoneksi piranti seperti : printer,
mouse, modem, PLC (programmable Logic controller), pembaca kartu maknetik dan
pembaca barcode. Port ini sering dinyatakan dengan nama COM. Konektor yang
digunakan adalah RS-232C dengan 9 pin atau 25 pin
b.
Port Parallel
Port Parallel atau sering disebut port LPT bekerja atas dasar 8 bit
perwaktu, cocok untuk pengiriman data dengan cepat, tetapi dengan kabel yang
pendek (tidak lebih dari 15 kaki). Umumnya digunakan untuk printer parallel,
hard disk eksternal dan zip drive. Konektor yang digunakan adalah DB-25 yang
terdiri dari 25 pin
c.
Port USB
Port USB merupakan port yang akhir-akhir ini sangat populer digunakan,
yang dapat digunakan untuk menghubungkan berbagai piranti seperti camera
digital, printer, scanner, zip drive dan sebagainya, port ini mempunyai
kecepatan tinggi bila dibandingkan dengan port serial maupun port paralel
d.
Port SCSI
Port SCSI adalah Small Compter System Interface yang merupakan jenis port
yang memungkinkan koneksi antar piranti dalam bentuk sambung menyambung. Port
mempunyai kecepatan tinggi, dengan kecepatan tranfernya 32 bit per waktu, biasa
digunakan untuk menghubunkan hard drive, scanner, printer dan tape drive,
konektor yang digunakan adalah DB-25 dan 50 pin Centronics SCSI.
e.
Port Infra Merah
Port ini digunakan untuk mendukung hubungan tanpa kabel, misalnya untuk
menghubungkan mouse yang menggunakan infra merah sebagai media tranmisi,
mengirim data dari ponsel, dan sebagainya
f.
Port-Port Lain
Banyak port lain yang tidak tergolong pada port-port diatas, misalnya
port untuk monitor, port keyboard, port mouse, port speaker, port jaringan,
port dll.
Port Non-Fisik :
a.
Port 80, Web Server
Port ini biasanya digunakan untuk web server, jadi ketika user mengetikan
alamat IP atau hostname di web broeser maka web browser akan melihat IP tsb
pada port 80,
b.
Port 81, Web Server Alternatif
ketika port 80 diblok maka port 81 akan digunakan sebagai port altenatif
hosting website
c.
Port 21, FTP Server
Ketika seseorang mengakses FTP server, maka ftp client secara default
akan melakukan koneksi melalui port 21 dengan ftp server
d.
Port 22, SSH Secure Shell
Port ini digunakan untuk port SSH
e.
Port 23, Telnet
Jika anda menjalankan server telnet maka port ini digunakan client telnet
untuk hubungan dengan server telnet
f.
Port 25, SMTP(Simple Mail Transport Protokol)
Ketika seseorang mengirim email ke server SMTP anda, maka port yg
digunakan adalah port 25
g.
Port 2525 SMTP Alternate Server
Port 2525 adalah port alternatifi aktif dari TZO untuk menservice
forwarding email. Port ini bukan standard port, namun dapat diguunakan apabila
port smtp terkena blok.
h.
Port 110, POP Server
Jika anda menggunakan Mail server, user jika log ke dalam mesin tersebut
via POP3 (Post Office Protokol) atau IMAP4 (Internet Message Access Protocol)
untuk menerima emailnya, POP3 merupakan protokol untuk mengakses mail box
i.
Port 119, News (NNTP) Server
Port 3389, Remote Desktop
j.
Port ini adalah untuk remote desktop di WinXP
k.
Port 389, LDAP Server
LDAP Directory Access Protocol menjadi populer untuk mengakses Direktori,
atau Nama, Telepon, Alamat direktori. Contoh untuk LDAP: / / LDAP.Bigfoot.Com
adalaha LDAP directory server.
l.
Port 143, IMAP4 Server
IMAP4 atau Pesan Akses Internet Protocol semakin populer dan digunakan
untuk mengambil Internet Mail dari server jauh.Disk lebih intensif, karena
semua pesan yang disimpan di server, namun memungkinkan untuk mudah online,
offline dan diputuskan digunakan.
m.
Port 443, Secure Sockets Layer (SSL) Server
Ketika Anda menjalankan server yang aman, SSL Klien ingin melakukan
koneksi ke server Anda Aman akan menyambung pada port
443. This port needs to be open to run your own Secure Transaction
server.Port 445, SMB over
n.
IP, File Sharing
Kelemahan windows yg membuka port ini. biasanya port ini digunakan
sebagai port file sharing termasuk printer sharing, port inin mudah dimasukin
virus atau worm dan sebangsanya
o.
Ports 1503 and 1720 Microsoft NetMeeting and
VOIP
MS NetMeeting dan VOIP memungkinkan Anda untuk meng-host Internet
panggilan video atau lainnya dengan.
p.
Port 5631, PCAnywhere
q.
Port 5900, Virtual Network Computing (VNC)
Bila Anda menjalankan VNC server remote kontrol ke PC Anda, menggunakan
port 5900. VNC berguna jika anda ingin mengontrol remote server.
r.
Port 111, Portmap
s.
Port 3306, Mysql
t.
Port 981/TCP
BAB
VIII
PROCESSOR
A. “PROCESSOR”
Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang
didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol
keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau
otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan
tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard,
dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang
ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap
kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.
Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang
ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan
kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang
banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel.
Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :
·
Aritcmatics Logical Unit (ALU)
·
Control Unit (CU)
·
Memory Unit (MU)
B. PROSESOR SEBAGAI SALAH SATU KOMPONEN TERPENTING
Prosesor merupakan salah satu komponen
terpenting dalam system computer. Prosesor acapkali disebut sebagai otak
computer meskipun penyebutan itu tidak
sepenuhnya benar. Prosesor hanya bertindak sebagai mesin pemroses tetapi tidak
berfungsi sebagai pengingat. Fungsi pengingat ditangani oleh komponen khusus
tersendiri yang biasa kita sebut
“memory”.
Prosesor memegang peranan yang begitu
penting dalam system computer jika kita melihat dari berbagai aspek antara
lain:
1.
kinerja : tipe
prosesor yang digunakan akan mempengaruhi kinerja system computer. Kemampuan
sebuah prosesor akan menentukan kinerja maksimum yang dapat dicapai oleh system
computer.
2.
dukungan
perangkat lunak : prosesor yang lebih cepat memungkinkan pemakaian perangkat
lunak terbaru ataupun fitur terbaru.
3.
keandalan dan
stabilitas : salah satu pendukung kenadalah dan stabilitas system computer
adalah kualitas prosesor.
4.
pendingin dan
komsumsi energi: pada awalnya prosesor adalah pengkomsum daya listrik yang
relatif lebih kecil namun pada selanjutnya prosesor sangat banyak mengkomsumsi
daya.
5.
dukungan
motherboard : adanya berbagai prosesor yang beredar menimbulkan kebutuhan
motherboard yang sesuai.
C. “SejarahPerkembangan Microprocessor”
·
1904 : Dioda tabung pertama kali diciptakan oleh
seorang ilmuwan dari Inggris yang bernama Sir John Ambrose Fleming (1849-1945)
·
1906 : ditemukan trioda hasil pengembangan dioda
tabung oleh seorang ilmuwan Amerika yang bernama Dr. Lee De Forest. Yang
kemudian terciptalah tetroda dan pentode.
·
Akan tetapi penggunaan dari tabung hampa
tersebut tergeser pada tahun 1960 setelah ditemukannya komponen semikonduktor.
·
1947 : Transistor diciptakan di labolatorium
Bell.
·
1965 : Gordon Moore dari Fairchild semiconductor
dalam sebuah artikel untuk majalan elektronik mengatakan bahwa chip
semikonduktor berkembang dua kali lipat setiap dua tahun selama lebih dari tiga
dekade.
·
1968 : Moore, Robert Noyce dan Andy Grove
menemukan Intel Corp. untuk menjalankan bisnis “INTegrated Electronics.”
·
1969 : Intel mengumumkan produk pertamanya, RAM
statis 1101, metal oxide semiconductor (MOS) pertama di dunia. Ia memberikan
sinyal pada berakhirnya era memori magnetis.
·
1971 : Intel meluncurkan mikroprosesor pertama
di dunia, 4-bit 4004, yang didesain oleh Federico Faggin.
·
1972 : Intel mengumumkan prosesor 8-bit 8008.
Bill Gates muda dan Paul Allen coba mengembangkan bahasa pemograman untuk chip
tersebut, namun saat itu masih kurang kuat.
·
1974 : Intel memperkenalkan prosesor 8-bit 8080,
dengan 4.500 transistor yang memiliki kinerja 10 kali pendahulunya.
·
1975 : Chip 8080 menemukan aplikasi PC
pertamanya pada Altair 8800, sekaligus merevolusi PC. Gates dan Allen sukses
mengembangkan bahasa dasar Altair, yang kemudian menjadi Microsoft Basic, untuk
8080.
·
1976 : Arsitektur x86 mengalami kemunduran saat
Steve Jobs dan Steve Wozniak memperkenalkan Apple II computer dengan
menggunakan prosesor 8-bit Motorola 6502.
·
1978 : Intel memperkenalkan mikroprosesor 16-bit
8086 yang kelak menjadi standar industri pada tanggal 8 Juni.
·
1979 : Intel memperkenalkan versi dengan harga
yang lebih murah dari 8086, yaitu 8088 dengan 8-bit bus.
·
1980 : Intel memperkenalkan 8087 math
co-processor.
·
1981 : IBM memilih 8088 untuk menjalankan
PC-nya. Seorang eksekutif Intel kemudian mengatakannya sebagai “Kemenangan
besar pertama Intel.”
·
1982 : IBM menandatangani Advanced Micro Devices
sebagai sumber kedua Intel untuk mikroprosesor 8086 dan 8088.
·
1982 : Intel memperkenalkan prosesor 16-bit
80286 dengan 134.000 transistor.
·
1984 : IBM mengembangkan PC generasi kedua,
80286-based PC-AT. PC-AT yang menjalankan MS-DOS,kelak menjadi standar PC
selama hampir 10 tahun.
·
1985 : Intel keluar dari bisnis RAM dinamis
untuk fokus pada mikroprosesor, dan akhirnya ia mengeluarkan prosesor 80386,
sebuah chip 32-bit dengan 275.000 transistor dan kemampuan menjalankan berbagai
macam program sekaligus.
·
1986 : Compaq Computer melambungkan IBM dengan
PC yang didasarkan pada 80386.
·
1987 : VIA Technologies didirikan di Fremont,
Calif., mereka akan mejual chip set core logic x86.
·
1989 : 80486 diluncurkan, dengan 1.2 juta buah
transistor dan built-in math co-processor.
·
Intel telah memprediksi pengembangan prosesor
multicore suatu saat pada tahun 2000-an.
·
1990 : Compaq memperkenalkan server PC pertama,
yang dijalankan dengan menggunakan 80486.
·
1993 : Transistor 3.1 juta, prosesor 66-MHz
Pentium dengan teknologi superscalar diperkenalkan.
·
1994 : AMD dan Compaq membentuk aliansi untuk
mendukung Compaq computer dengan mikroprosesor Am486.
·
1997 : Intel meluncurkan teknologi prosesor
64-bit Epic. Ia juga memperkenalkan MMX Pentium untuk aplikasi prosesor sinyal
digital, yang juga mencakup grafik, audio, dan pemrosesan suara.
·
1998 : Intel memperkenalkan prosesor Celeron di
bulan April.
·
1999 : VIA mengakuisisi Cyrix Corp. dan Centaur
Technology, pembuat prosesor x86 dan x87 co-processor.
·
2000 : Debut Pentium 4 dengan 42 juta
transistor.
·
2003 : AMD memperkenalkan x86-64, versi 64-bit
dari x86 instruction set.
·
2004 : AMD mendemonstrasikan x86 dual-core
processor chip.
·
2005 : Intel menjual prosesor Dual-Core
pertamanya.
·
2006 : Dell Inc. mengumumkan akan menawarkan
system prosesor berbasis AMD.
·
2006 : Intel Memperkenalkan prosesor core 2 duo
di bulan juli.
·
2007:Intel memperkenalkan prosesor core 2 quad di bulan
januari.
BAB
IX
MEMORY INTERNAL
A. Pengertian Memory Internal
Memory Internal adalah Memory yang dapat diakses secara langsung
oleh prosesor. Memori internal memiliki fungsi sebagai pengingat. Dalam hal ini
yang disimpan di dalam memori utama dapat berupa data atau program. Secara
lebih rinci, fungsi dari memori utama adalah : Menyimpan data yang berasal dari
peranti masukan sampai data dikirim ke ALU (Arithmetic and Logic Unit) untuk
diproses Menyimpan daya hasil pemrosesan ALU sebelum dikirimkan ke peranti
keluaran Menampung program/instruksi yang berasal dari peranti masukan atau
dari peranti pengingat sekunder.
B. JenisJenis Memory Internal
ROM (Read Only Memory) : Merupakan perangkat keras pada komputer
berupa chip memori semikonduktor yang isinya hanya dapat dibaca. Jenis memori
ini datanya hanya bisa dibaca dan tidak bisa ditulis secara berulang-ulang.
Memori ini berjenis non-volatile, artinya data yang disimpan tidak mudah
menguap (hilang) walaupun catu dayanya dimatikan. Karena itu memori ini biasa
digunakan untuk menyimpan program utama dari suatu sistem. ROM pada komputer
disediakan oleh vendor komputer dan berisi program atau data.Di dalam PC, ROM
biasa disebut BIOS (Basic Input/Output System) atau ROM-BIOS. Instruksi dalam
BIOS inilah yang akan dijalankan oleh mikroprosesor ketika komputer mulai
dihidupkan.
Sampai sekarang dikenal beberapa jenis ROM yang pernah beredar dan
terpasang pada komputer, antara lain PROM :
·
PROM (Progammable Read-Only-Memory) : Jika
isi ROM ditentukan oleh vendor, PROM dijual dalam keadaan kosong dan kemudian
dapat diisi dengan program oleh pemakai. Setelah diisi dengan program, isi PROM
tak bisa dihapus.
·
EPROM (Erasable Programmable
Read-Only-Memory) : Berbeda dengan PROM, isi EPROM dapat dihapus setelah
diprogram. Penghapusan dilakukan dengan menggunakan sinar ultraviolet.
·
EEPROM (Electrically Erasable Programmable
Read-Only0Memory) : EEPROM dapat menyimpan data secara permanen, tetapi isinya
masih bisa dihapus secara elektris melalui program. Salah satu jenis EEPROM adalah
Flash Memory. Flash Memory biasa digunakan pada kamera digital, konsol video
game, dan cip BIOS.
RAM (Random Access Memory) : Merupakan jenis memori yang isinya
dapat diganti-ganti selama komputer sihidupkan dan sebagai suatu penyimpanan
data yang dapat dibaca atau ditulis dan dapat dilakukan secara berulang-ulang
dengan data yang berbeda-beda. Jenis memori ini merupakan jenis volatile (mudah
menguap), yaitu data yang tersimpan akan hilang jika catu dayanya dimatikan.
Karena alasan tersebut, maka program utama tidak pernah disimpan di RAM. Random
artinya data yang disimpan pada RAM dapat diakses secara acak. Modul memori RAM
yang umum diperdagangkan berkapasitas 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB, dan 4
GB.
RAM dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu jenis Statik dan Dinamik. RAM
statik menyimpan satu bit informasi dalam sebuah flip-flop. RAM
statik biasanya digunakan untuk aplikasi-aplikasi yang tidak memerlukan
kapasitas memori RAM yang besar. RAM dinamik menyimpan satu bit
informasi data sebagai muatan. RAM dinamik menggunakan kapasitansi gerbang
substrat sebuah transistor MOS sebagai sel memori elementer. Untuk menjaga agar
data yang tersimpan RAM dinamik tetap utuh, data tersebut harus disegarkan
kembali dengan cara membaca dan menulis ulang data tersebut ke memori. RAM
dinamik ini digunakan untuk aplikasi yang memerlukan RAM dengan kapasitas
besar, misalnya dalam sebuah komputer pribadi (PC).
C. Jenis - Jenis RAM
·
DRAM (Dynamic Random Access Memory) adalah
jenis RAM yang menyimpan setiap bit data yang terpisah dalam kapasitor dalam
satu sirkuit terpadu. Data yang terkandung di dalamnya harus disegarkan secara
berkala oleh CPU agar tidak hilang. Hal ini membuatnya sangat dinamis
dibandingkan dengan memori lainnya. Dalam strukturnya, DRAM hanya memerlukan
satu transistor dan kapasitor per bit, sehingga memiliki kepadatan sangat
tinggi.
·
SRAM (Static Random Access Memory) adalah
jenis RAM (sejenis memori semikonduktor) yang tidak menggunakan kapasitor. Hal
ini mengakibatkan SRAM tidak perlu lagi disegarkan secara berkala seperti
halnya dengan DRAM. Ini juga sekaligus membuatnya memiliki kecepatan lebih
tinggi dari DRAM. Berdasarkan fungsinya terbagi menjadi Asynchronous dan
Synchronous.
·
EDORAM (Extended Data Out Random Accses Memory) adalah
jenis RAM yang dapat menyimpan dan mengambil isi memori secara bersamaan,
sehingga kecepatan baca tulisnya pun menjadi lebih cepat. Umumnya digunakan
pada PC terdahulu sebagai pengganti Fast Page Memory (FPM) RAM. Seperti
FPM DRAM, EDO RAM memiliki kecepatan maksimal 50MHz
·
EDO RAM uga harus membutuhkan L2 Cache untuk
membuat semuanya berjalan dengan cepat, namun jika user tidak memilikinya, maka
EDO RAM akan berjalan jauh lebih lambat.
·
FPM RAM (Fast Page Mode DRAM) adalah model
DRAM paling lama. Masalah yang sering muncul dari FPM DRAM adalah kecepatan
transfernya yang lambat yakni maksimum 50MHz.
·
SDRAM (Synchronous Dynamic Random Acces Memory).
SDRAM bukanlah sebuah ekstensi dari seri EDO RAM yang lama, namun merupakan
tipe baru dari DRAM. SDRAM mulai berjalan dengan kecepatan transfer 66MHz,
sementara mode halaman DRAM dan EDO yang lebih lama akan berjalan di maksimal
50MHz. SDRAM sekarang ini dapat berjalan dengan kecepatan 133MHz (PC133), dan
bakan hingga 180MHz atau lebih tinggi. Untuk mempercepat kinerja processor,
maka RAM generasi baru seperti DDR dan RDRAM biasanya dapat mendukung performa
yang lebih baik.
·
DDR (Double Data Rate SDRAM). DDR pada
dasarnya memiliki kecepatan transfer dua kali lipat daripada SDRAM. DDR akan
beroperasi di 333MHz, dengan pengoperasian sebenarnya 166MHz * 2 (aka PC333 /
PC2700) atau 133MHz*2 (PC266 / PC2100). DDR RAM juga kompatibel dengan SDRAM
secara fisik, namun menggunakan bus parallel yang sama, sehingga membuat
implemnetasi lebih mudah dibandingkan RDRAM, yang merupakan teknologi berbeda.
·
RDRAM (Rambus Dynamic Random Acces
Memory) adalah salah satu tipe dari RAM dinamis sinkron yang diproduksi
oleh Rambus Corporation menggunakan Bus Speed sebesar 800 MHz tetapi memiliki
jalur data yang sempit (8 bit). RDRAM memiliki memory controller yang canggih
sehingga tidak semua motherboard bisa mendukungnya. Contoh produk yang
memakainya adalah 3dfx seri Voodoo4. RDRAM merupakan teknologi memory serial
yang datang dengan tiga pilihan, yakni PC600, PC700, dan PC800. PC800 RDRAM
didesain dengan double maximum kecepatan transfer daripada PC100 SDRAM, namun
memiliki latensi tinggi. RDRAM memiliki multi channel, seperti pada motherboard
Pentium 4, yang dapat menawarkan fungsi memori paling bagus, terutama ketika
dipasangkan dengan memory PC1066 RDRAM.
D. “PENGERTIAN RAM DAN ROM”
1. RAM
RAM yang
merupakan singkatan dari Random Access Memory adalah sebuah perangkat
keras komputer yang berfungsi menyimpan berbagai data dan instruksi
program, isi dari RAM dapat diakses secara random atau tidak mengacu pada
pengaturan letak data. Data di dalam RAM bersifat sementara, dengan kata
lain data yang tersimpan akan hilang jika komputer dimatikan atau catu
daya yang terhubung kepadanya dicabut.
RAM biasa juga disebut sebagai memori
utama (main memory), memori primer (primary memory), memori internal (internal
memory), penyimpanan utama (primary storage), memory stick, atau RAM stick.
Bahkan terkadang orang hanya menyebutnya sebagai memori meskipun ada
jenis memori lain yang terpasang di komputer.
RAM merupakan salah satu jenis memori
internal yang mendukung kecepatan prosesor dalam mengolah data dan instruksi.
Dengan menggunakan tambahan RAM ke dalam komputer dapat menghasilkan pengaruh
positif pada kinerja dan kecepatan komputer, meskipun RAM sebenarnya tidak
menentukan kecepatan komputer.
Modul memori RAM yang umum diperdagangkan
berkapasitas 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB, dan 4 GB.
Ram juga berfungsi mengolah data dan
instruki yang ditulis atau dibaca oleh buah system bagian dari komputer yang
sangat pentin g. Dengan fungsi tersebut maka Anda bisa menjalankan dua
aktifitas sekaligus, yaitu menulis dari RAM dan membaca data dari RAM. Semakin
berat aplikasi yang akan dijalankan, maka bobot RAM akan semakin besar.
Ada empat macam tipe dari memory komputer, yaitu:
1.
Randoaccessmemory
2.
readonlymemory
3.
CMOSmemory
4.
virtual memory
2. JENIS-JENIS RAM
Berdasarkan cara kerja:
Dynamic RAM (DRAM)
·
FastPage Mode DRAM (FPM DRAM)
·
Extended Data Output DRAM (EDO DRAM)
·
Synchronous DRAM (SDRAM)
·
Rambus DRAM (RDRAM)
·
Double Data Rate SDRAM (DDR SDRAM)
·
Untuk video :
1. Video RAM (VRAM)
2. Windows RAM (WRAM)
3. Synchronous Graphic RAM (SGRAM)
Static RAM (SRAM)
·
Berdasarkan Module:
Single Inline Memory Module (SIMM), Mempunyai
kapasitas 30 atau 72 pin. Memori SIMM 30 pin untuk kegunaan PC zaman 80286
sehingga 80486 dan beroperasi pada 16 bit. Memory 72 pin banyak digunakan untuk
PC berasaskan Pentium dan beroperasi pada 32 bit.
Double Inline Memory Module (DIMM), Berkapasitas 168
pin, kedua belah modul memori ini aktif, setiap permukaan adalah 84 pin. Ini
berbeda daripada SIMM yang hanya berfungsi pada sebelah modul saja. Menyokong
64 bit penghantaran data. SDRAM (synchronous DRAM) menggunakan DIMM. Merupakan
penganti dari DRAM, FPM (fast page memory) dan EDO.
RIMM (Rambus), Dulu dikenali sebagai RDRAM. Adalah
sejenis SDRAM yang dibuat oleh Rambus. DRDRAM digunakan untuk CPU dari Intel
yang berkecepatan tinggi. Pemindahan data sama seperti DDR SDRAM tetapi
mempunyai dua saluran data untuk meningkatkan kemampuan. Juga dikenali sebagai
PC800 yang kerkelajuan 400MHz.
RAM terdiri dari sekumpulan chip. Chip-chip ini mampu
untuk menampung:
·
data untuk diproses;
·
instruksi atau program, untuk memproses
data;
·
data yang telah diproses dan menunggu
untuk dikirim ke output device, secondary storage atau juga communication
device;
·
instruksi sistem operasi yang mengontrol
fungsi-fungsi dasar dari sistem komputer
Struktur dari RAM dibagi menjadi 4 bagian, yaitu:
·
Input storage, digunakan untuk menampung
input yang dimasukkan lewat alat input
·
Program storage, dipakai untuk menyimpan
semua instruksi-instruksi program yang akan di proses
·
Working storage, digunakan untuk menyimpan
data yang akan diolah dan hasil dari pengolahan
·
Output storage, digunakan untuk menampung
hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output
3. ROM
ROM mempunyai tugas untuk menyimpan program yang
sifatnya tetap atau permanen, tidak tergantung pada keberadaan arus listrik (nonvolatile), dan
program yang tersimpan dalam ROM mempunyai sifat hanya bisa dibaca oleh para pengguna komputer. Menyimpan
data pada ROM tidak dapat dilakukan dengan mudah, namun membaca data dari ROM
dapat dilakukan dengan mudah. Biasanya program / data yang ada dalam ROM ini
diisi oleh pabrik yang membuatnya. Oleh karena sifat ini, ROM biasa digunakan
untuk menyimpan firmware (perangkat lunak yang berhubungan erat dengan
perangkat keras).
ROM modern didapati
dalam bentuk IC, persis seperti medium penyimpanan/memori lainnya seperti RAM.
Untuk membedakannya perlu membaca teks yang tertera pada IC-nya. Biasanya
dimulai dengan nomer 27xxx, angka 27 menunjukkan jenis ROM , xxx menunjukkan
kapasitas dalam kilo bit ( bukan kilo byte )Data-data biasanya sudah terisi dan
disediakan oleh pabrik perakitnya. Contoh data-data ROM yang sering muncul
adalah saar komputer dihidupkan maka akan terbaca semua konfigurasi perangkat
yang terintegrasi dalam komputer tersebut.
Isi data pada ROM misalnya adalah program
Basic Input Output System (BIOS), yang berfungsi untuk mengendalikan
perpindahan data antar mikroprosesor ke komponen lain yang meliputi keyboard,
monitor, printer, dan lainnya. Program BIOS juga mempunyai fungsi self
diagnostic, atau memeriksa kondisi yang ada dalam dirinya yang dinamakan Power on Self Test (POST).
4. Jenis-jenis ROM
Mask ROM
·
Mask ROM adalah ROM yang tidak bisa
ditulis ulang (non-flashable) sehingga tidak dapat di up-grade.
·
PROM (Programmable Read-Only Memory)
·
PROM merupakan sebuah chip memory yang
hanya dapat diisi data satu kali saja. Sekali saja program dimasukkan ke dalam
sebuah PROM, maka program tersebut akan berada pada PROM seterusnya.
·
EPROM (Erasable Programmable Read-Only
Memory)
·
EPROM (Erasable Programmable Read Only
Memory) adalah sebuah ROM yang dapat diprogram ulang dan dihapus. Berdasarkan
proses pengisiannya terdapat dua jenis EPROM, yaitu UV EPROM dan EEPRb OM. UV
EPROM (Ultraviolet EPROM) membutuhkan cahaya ultraviolet untuk menghapus data
yang ada di dalamnya, sedangkan EEPROM (Electrical EPROM) yang hanya
menggunakan aliran listrik saja dalam menghapus atau mem-program ulang isinya.
·
EEPROM ( Electrically Erasable
Programmable Read-Only Memory)
·
EEPROM merupakan kependekan dari
Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory. EEPROM adalah tipe khusus
dari PROM (Programmable Read-Only Memory ) yang bisa dihapus dengan memakai
perintah elektris.
E. PERBEDAAN RAM dan ROM
Read Only Memory (ROM),
berfungsi untuk menyimpan pelbagai program yang berasal dari pabrik komputer.
Sesuai dengan namanya, ROM (Read Only Memory), maka program yang tersimpan
didalam ROM, hanya bisa dibaca oleh parapemakai.
Random Access Memory (RAM), merupakan
bagian memory yang bisa digunakan oleh para pemakai untuk menyimpan program dan
data.
ROM bisa diibaratkan sebuah tulisan yang
sudah tercetak, dimana pemakai hanya bisa melakukan pembacaan data yang ada
didalamnya tanpa bisa melakukan perubahan apapun pada
tulisan yang ada. ROM biasanya berisi instruksi/program khusus yang bisa
digunakan pemakai untuk memanfaatkan komputer secara maksimal.
F. "CACHE MEMORY"
Gambar 1 :
Cache System
|
1. Pengertian Cache Memory
Cache berasal dari kata cash yakni sebuah tempat
menyembunyikan atau tempat menyimpan sementara. Sesuai definisi tersebut Cache Memory adalah tempat
menyimpan data sementara. Cara ini dimaksudkan untuk meningkatkan transfer data
dengan menyimpan data yang pernah diakses pada cache tersebut, sehingga apabila
ada data yang ingin diakses adalah data yang sama maka maka akses akan dapat
dilakukan lebih cepat. Cache memori ini terletak antara register dan memory
utama sehingga pemrosesan data tidak langsung mengacu pada memori utama.
Penggunaan cache ditujukan untuk meminimalisir terjadinya bottleneck
dalam aliran data antara processor dan RAM. Sedangkan dalam terminologi
software, istilah ini merujuk pada tempat penyimpanan sementara untuk beberapa
file yang sering diakses (biasanya diterapkan dalam network).
2. Jenis - Jenis Cache Memory
Cache umumnya terbagi menjadi beberapa jenis, seperti L1 cache, L2 cache
dan L3 cache. Cache yang dibangun ke dalam CPU itu sendiri disebut sebagai
Level 1 (L1) cache. Cache yang berada dalam sebuah chip yang terpisah di
sebelah CPU disebut Level 2 (L2) cache. Beberapa CPU memiliki keduanya, L1
cache dan L2 built-in dan menugaskan chip terpisah sebagai cache Level 3 (L3)
cache. Cache yang dibangun dalam CPU lebih cepat daripada cache yang terpisah.
Namun, cache terpisah masih sekitar dua kali lebih cepat dari Random Access
Memory (RAM). Cache lebih mahal daripada RAM tetapi motherboard dengan built-in
cache sangat baik untuk memaksimalkan kinerja sistem.
3. Fungsi dan Manfaat Cache Memory
Cache berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara untuk data atau
instruksi yang diperlukan oleh processor. Secara gampangnya, cache berfungsi
untuk mempercepat akses data pada komputer karena cache menyimpan
data/informasi yang telah diakses oleh suatu buffer, sehingga meringankan kerja
processor.
Manfaat lain dari cache memory adalah bahwa CPU tidak harus menggunakan
sistem bus motherboard untuk mentransfer data. Setiap kali data harus melewati
bus sistem, kecepatan transfer data memperlambat kemampuan motherboard. CPU
dapat memproses data lebih cepat dengan menghindari hambatan yang diciptakan
oleh sistem bus.
BAB X
PERKEMBANGAN KOMPUTER DIMASA MENDATANG”
G. “PERKEMBANGAN KOMPUTER DIMASA MENDATANG”
Komputer di masa mendatang bisa jadi berbeda dengan komputer pada saat
ini, disebabkan adanya pengembangan prosesor ke berbagai arah. Menurut William
dan Sawyer (2003) diprediksikan kemungkinan-kemungkinan arah komputasi masa mendatang
adalah sebagai berikut.
1. Jenis Chip DSP (Digital Signal Procecing)
Chip DSP merupakan jenis chip yang ditujukan khusus untuk me- nangani
pemrosesan suara dan video dengan pemanipulasian yang sangat cepat. Di masa
mendatang, chip seperti ini bisa jadi digunakan dalam komputer, misalnya untuk
membantu sistem pende-ngaran manusia.
a.
Nanoteknologi
Melalui teknologi ini, atom atau molekul yang berukuran dalam orde
nanometer (10meter) dijadikan sebagai dasar untuk menciptakan mesin berukuran
sangat kecil yang digunakan untuk menyimpan data atau melakukan
tugas-tugas tertentu. Sebagai contoh, komputer molekuler menggunakan sebuah
molekul untuk menggantikan transistor silicon, sedangkan komputer titik (dot
computer) menggunakan sebuah elektron untuk menggantikan transistor.
b.
Komputasi optik (opto elektronik)
Komputasi di masa mendatang bisa jadi tidak lagi menggunakan elektronika
melainkan memakai optik. Dengan demikian, cahaya akan menggantikan elektron dan
diharapkan komputasi optik dapat memroses ratusan kali lebih cepat daripada
komputer yang berbasis elektris.
c.
Komputasi DNA (Biochip)
Komputasi ini didasarkan kenyataan bahwa informasi dapat ditulis ke
setiap molekul DNA. Dengan menggunakan bioteknologi, DNA sintesis dapat dipakai
untuk mempresentasikan sejumlah simbol untuk meng- gantikan sistem biner.
d.
Komputasi kuantum
Komputasi ini didasarkan pada teori mekanika kuantum. Informasi tidak
lagi dinyatakan dengan 0 dan 1, tetapi dinyatakan dengan keadaan partikel dasar.
Sebagai contoh, atom-atom hidrogen dapat dibuat untuk membentuk saklar hidup
atau mati seperti transistor pada komputer.
Inilah Teknologi Perkembangan Komputer di Masa Depan Teknologi Perkembangan
komputer tidak akan pernah berhenti seiring dengan perkembangan jaman.
Mulai dari komputer pertama dilahirkan, Perusahaan pengembang saling
berlomba-lomba berinovasi mengembangkan komputer tercanggih di Dunia.
1. knorologi Perkembangan Komputer di Masa Depan
Inilah gambar bakan jadi calon Teknologi Perkembangan Komputer
Tercanggih di Dunia. TeknologiKomputer ini sudah tidak lagi memakai
monitor ataupun keyboard yang biasa kita pakai. Seperti dalam gambar
diatas Komputer Masa Depan ini sudah memakai sensor monitor
dan sensorkeyboard.
Bicara soal kecanggihan komputer pasti tidak akan ada habisnya,
akan selalu ada saja ide baru yang akan mencetuskan inovasi temuan terbaru.
Tentu saja para Perusahaan pengembangan komputer tidak hanya saling bersaing
untuk mengeruk para peminat, tapi perusahaan ini juga saling bersaing
untuk memanjakan para penggunanya.
2. Contoh Teknologi Perkembangan Komputer di Dunia :
Komputer yang awalnya bermula dari PC, kemudian
keluarlah Laptop yang lebih fleksible bisa dibawa kemana-mana.
Perkembangan Teknologi dari Memori yang tadinya hanya beberapa
Giga, untuk sekarang ini bisa mencapai ratusan bahkan ribuan Giga.
Tampilan fitur yang awalnya biasa sekarang ini berkembang menjadi fitur
3d, dan masih banyak lagi.
BAB
XI
PENUTUP
Demikian yang kami paparkan
mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih
banyak kekurangan dan kelemahan, karena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya
rujukan atau referensi yang ada hubungannya dalam judul makalah ini.
Penulis banyak berharap para
pembaca yang budiman untuk memberikan kritik dan saran yang membangun kami para
penyusun demi kesempurnaan makalah ini dan penulisan makalah di
kesempatan-kesempatan berikutnya.
DAFTAR PUSTAKA
Sumber Internet
Sumber : http://www.tarikulur.com/teknologi-perkembangan-komputer-di-masa-depan
Sabtu, 22 September 2012 7.17 WIB
Sabtu, 22 September 2012 7.17 WIB
http://tekhnologi-ku.blogspot.com/2012/01/pengembangan-komputer-di-masa-mendatang.html
Sabtu, 22 September 2012 7.25 WIB
http://idejoeaja.wordpress.com/2011/12/09/pengertian-ram-dan-rom/Sabtu,
22 Sep. 12 7.04 WIB
senin, 24 september 2012 14:23
http://epento.com/struktur-dan-fungsi-bagian-bagian-komputer/
http://tiksmadangawi.blogspot.com/2010/05/port-pada-komputer.html
http://katrokz.blogspot.com/2010/10/jenis-jenis-port-komputer-dan-fungsinya.html
http://iwansoenarya.blogspot.com/2012/05/referensi-port-io-perangkat-keras.html
Agung, RJB Wahyu: Ibrahim, Ismail Khalil; A Multi Agent System for E-business Transaction; Proceedings of the Second Internasional Workshop on IIWAS 2000
Kadir, Abdul dan Terra CH. Triwahyuni. 2005. Pengenalan
Teknologi Informasi. Yogyakarta : Andi
Jogiyanto, 2006.
Pengenalan Komputer. Yogyakarta : Andi
0 komentar:
Post a Comment